Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi mengungkapkan nama 40 nelayan yang ditangkap otoritas Thailand kini telah dikantongi.
 
"Adapun nama-nama kapten kapal yang tertangkap di otoritas Thailand adalah Antoni merupakan kapten KM Kambiastar, Sabirin, kapten KM Ikhlas Baru, dan Lukman, kapten KM Rahmat Jaya," kata Kepala UPTD PPN Idi Ermansyah, di Aceh Timur, Rabu.
 
Sedangkan, anak buah kapal (ABK) yakni KM Ikhlas Baru yaitu Mikasattavia, Wandi, Muhammad Amin, Muzakir, Khalik, Agushalim, Ridwan, Iskandar, Muhammad Khaidir, Syawal, Mukhlis, Zulkifli, Mali, Maulidan, dan Khairulailam
 
Kemudian, ABK KM Rahmat Jaya yaitu Lukman, Abdullah, M Nasir, Zulfikar, Marzuki, M Syahril, Jafarudin, Barmawi, Tajul Firdaus, Muhajjir, Saifullah, dan Muzami. 
 
Lalu, KM Kambiastar yang terdiri ABK atas nama M Zaini, Basri, Ardiansyah, Tarmizi, Rahmad, Zulfikar, Fahrozi, Sahmun Amni, Jafarudin, Zulkarnaini dan Rahmat.
 
"Petugas KBRI telah menginformasikan bahwa mereka ditangkap karena secara bersama-sama melakukan penangkapan komersial tanpa izin penangkapan. Dan mereka akan dibawa ke kantor Penyidik Sornchon Divis," kata Ermansyah.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Timur Cut Ida Mariya berharap pihak Kementerian Luar Negeri bisa memulangkan para nelayan tersebut.
 
"Harapan kita, Kemenlu bisa memulangkan para nelayan dengan selamat. Dan bagi nelayan di sini, kami sangat berharap untuk tidak lagi melewati batas teritorial wilayah laut Indonesia saat melakukan penangkapan ikan," kata Cut Ida Mariya.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023