Pemerintah Kabuaten Aceh Barat menggelar forum kewaspadaan dini sebagai upaya menciptakan suasana kondusif dan deteksi dini konflik, untuk mengamankan jalannya tahapan Pemilu 2024.

“Forum ini dapat menjadi sarana untuk membangun sinergi menggalang kewaspadaan dan deteksi dini terhadap isu-isu aktual saat ini. Sekaligus meningkatkan upaya pencegahan potensi konflik dalam mendukung terciptanya suasana aman dan kondusif di kabupaten Aceh Barat,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban di Meulaboh, Rabu.

Menurut dia, forum kewaspadaan dini masyarakat yang digelar tersebut, menjadi suatu agenda penting, sebagai langkah untuk memetakan berbagai isu dan permasalahan yang terjadi, khususnya dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Oleh karena itu, pemerintah daerah mengharapkan ke semua lapisan masyarakat, agar dapat menciptakan rasa aman dan nyaman serta turut memberi kontribusi bagi terciptanya stabilitas nasional.

Marbahan mengatakan selama ini Kabupaten Aceh Barat dalam kondisi yang sangat kondusif. Hal ini tentunya terjadi berkat kerjasama seluruh pemangku kepentingan yang ada di kabupaten Aceh Barat, seperti TNI, Polri maupun organisasi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengharapkan forum kewaspadaan dini menjadi garda terdepan dalam menghadapi dinamika dan perkembangan situasi menjelang tahun politik 2024, khususnya meminimalisir polarisasi dan potensi meningkatnya eskalasi konflik di tengah masyarakat.

Baca juga: LSM GeRAK laporkan dugaan korupsi di RSUD Meulaboh ke KPK

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023