Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Program Pendidikan Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh, menggelar pelatihan jurnalistik dasar kepada mahasiswa.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unimal Kamaruddin Hasan, MSi mengatakan, pengenalan tentang jurnalistik sangat diperlukan oleh mahasiswa komunikasi, karena disiplin ilmu yang dipelajari dalam komunikasi, sangat erat hubungannya dengan jurnalistik.

Sehingga, lanjut dia, dengan melihat kaitan itu pihaknya memandang perlu menggelar pelatihan jurnalistik dasar kepada mahasiswa ilmu komunikasi, yang diharapkan dapat menambah pengetahuan sekaligus memperkaya wawasan tentang permasalahan komunikasi.

Sambungnya, apalagi dalam masa era teknologi multimedia, jurnalistik memegang peranan penting dalam persoalan komunikasi global dan juga memiliki peran strategis terhadap perubahan sosial dan budaya masyarakat.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya sangat mengharapkan kepada mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan dimaksud dengan sebaik mungkin dan menimba ilmu sebanyak mungkin dari para fasilitator yang telah berpengalaman di bidangnya.

Sementara itu, pemateri pada pelatihan jurnalistik dasar tersebut, terhadap bentuk pengenalan dan penulisan berita disampaikan oleh Muchlis wartawan dari LKBN Antara Biro Aceh.

Dalam materinya disebutkan, kegiatan jurnalistik mencakup tiga hal, antara lain mencari, mengolah dan menyiarkan berita atau informasi melalui media.

Selain itu, terhadap penulisan berita, selain mengikuti kaidah penyusunan berita yang benar, juga  menggunakan kata-kata yang mudah dipahami agar tidak membingungkan pembaca dalam memahami isi pesan atau berita yang disampaikan.

Pemberian materi, selain dilakukan dengan metode ceramah, juga dilakukan dengan metode diskusi dan menggunakan metode game diakhir pelatihan. Dimana peserta pelatihan mencari sendiri permasalahan sesuai dengan tema yang diberikan dan menyusunnya menjadi sebuah berita. Selanjutnya dipresentasi serta dikoreksi secara bersama-sama.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017