Perusahaan daerah milik Pemerintah Aceh PT Pembangunan Aceh (PEMA) melalui PEMA LAMI KSO hingga saat ini telah mengirimkan sebanyak 304 ton ikan jenis cakalang, tuna dan deho ke Jakarta.

“Alhamdulillah hingga awal November 2023, kita telah mengirimkan sebanyak 17 kali ikan ke Jakarta dengan menggunakan jalur darat,” kata Manajer Industri dan Perdagangan PT PEMA Sadikin Nugraha di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan ikan yang dikirim ke pembeli di Jakarta tersebut merupakan ikan hasil tangkapan nelayan yang dibeli oleh PT PEMA LAMI KSO di Kawasan Lampulo, Banda Aceh.

“Kehadiran kami di sektor perikanan ini merupakan bagian memberikan jaminan harga pasar kepada nelayan,” katanya.

PT PEMA LAMI KSO adalah Kerja Sama Operasi (KSO) antara PT Pembangunan Aceh dan PT Laot Aceh Marina sebagai salah satu upaya untuk menambah Pendapatan Asli Aceh (PAA) dari hasil usahanya. 

Ia mengatakan ikan yang dibeli dan disimpan di kawasan Lampulo Banda Aceh tersebut dikirim ke Muara Baru, Jakarta Utara dengan menggunakan Mobile Cold Storage dengan sekali pengiriman sebanyak 20 ton.

“Insya Allah kita siap menampung dan membeli hasil tangkapan nelayan Aceh yang selanjutnya di pasarkan ke Jakarta,” katanya.

Menurut dia keikutsertaan PT PEMA melalui kerja sama KSO tersebut merupakan bagian mengoptimalkan berbagai potensi ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Rencong.

“Para nelayan tidak perlu khawatir akan pemasaran hasil tangkapan, karena kami siap untuk membeli termasuk saat produksi melimpah,” katanya.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023