Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Forum Solidaritas Korban Laka Lantas Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, sebagai wadah informasi, sosialisasi serta edukasi terhadap keselamatan berlalulintas, terbentuk.

Kapolres Lhokseumawe melalui Kasatlantas Iptu Mulyana di Lhokseumawe, Kamis mengatakan, pembentukan forum itu untuk semakin menumbuhkembangkan kesadaran berlalulintas bagi masyarakat.

Disebutkan, angka pemakaian kendaraan bermotor semakin lama semakin tinggi, begitu juga dengan mobilitas kendaraan di jalan raya semakin padat, sehingga tingkat kerawanan kecelakaan lalulintas juga semakin berpotensi.

Oleh karena itu, diperlukan upaya yang maksimal, terarah dan terukur terhadap informasi, sosialisasi sekaligus edukasi kepada masyarakat terhadap keselamatan berlalulintas agar terhindar dari kecelakaan yang dapat menyebabkan kecacatan bahkan kehilangan nyawa.

Sebut Iptu Mulyana, forum itu terdapat beberapa instansi terkait, seperti dari Dinas Perhubungan, BPJS, Dinas Pendidikan, Jasa Raharja serta korban laka lantas.

Dalam forum itu juga akan menjadi saluran komunikatif diantara sejumlah instansi terkait tersebut termasuk korban laka lantas terhadap permasalahan kecelakaan lalulintas yang sifatnya informatif dan juga sosialisasi.

Kegiatan yang dilaksanakan nantinya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat dan kepada pelajar dengan cara mendatangi ke sekolah-sekolah, berupa sosialisasi tentang aturan berlalulintas yang baik dan benar, jelas Iptu Mulyana.

Ia menambahkan, terbentuknya forum itu merupakan hasil inovasi dari polisi lalulintas dalam rangka menekan angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran berlalulintas bagi masyarakat luas.

"Ini merupakan hasil inovatif polisi lalulintas terhadap penekanan angka kecelakaan lalulintas serta upaya meningkatkan kesadaran berlalulintas melalui sosialisasi sekaligus mengedukasi tentang tata tertib berlalulintas yang baik dan benar," kata Iptu Mulyana.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017