Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur mengesahkan anggaran Anggaran Pendapat dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Timur tahun anggaran 2024 sebesar Rp1,9 triliun. 

Penjabat Bupati Aceh Timur Mahyuddin di Aceh Timur, Jumat, mengatakan pengesahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tersebut berlangsung dalam rapat paripurna DPRK Aceh Timur pada Jumat (1/12).

"Sebelumnya, kami menyerahkan rancangan APBK 2024 ini pada 22 November 2023. Dan kini sudah disahkan lembaga legislatif menjadi APBK untuk tahun anggaran 2024. Nilainya sebesar Rp1,9 triliun," kata Mahyuddin.

Menurut dia, ada dinamika dalam pembahasan rancangan APBK tersebut antara tim anggaran pemerintah kabupaten dengan badan anggaran legislatif. Termasuk menindaklanjuti perbaikan pembahasan para pihak.

Selanjutnya, kata Pj Bupati, pihaknya segera menyampaikan pengesahan APBK 2024 tersebut kepada Gubernur Aceh melalui Badan Pengelolaan Keuangan Aceh untuk dilakukan evaluasi.

"Setelah evaluasi, kami segera menyusun rancangan peraturan bupati untuk penjabaran APBK 2024. Tentunya, kami berupaya melaksanakan anggaran tersebut sejak awal guna mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat Kabupaten Aceh Timur," kata Mahyuddin.

Sebelumnya, rapat paripurna pengesahan APBK Aceh Timur tahun anggaran 2024 diawali dengan laporan Badan Anggaran DPRK Aceh Timur. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian pendapat akhir fraksi di DPRK Aceh Timur.

Lima fraksi di DPRK Aceh Timur dalam pendapat akhirnya menyetujui pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2024 masing-masing sebesar Rp1,9 triliun lebih.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023