Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh mencatat sebanyak lima desa yang tersebar di Kecamatan Tripa Makmur dan Darul Makmur, kabupaten setempat kembali terendam banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter.

“Saat ini kami bersama petugas di lapangan masih berupaya melakukan pendataan terhadap desa yang terendam banjir luapan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Irfanda Rinaldi kepada ANTARA di Suka Makmue, Senin.

Ada pun desa yang terendam banjir luapan diantaranya di Kecamatan Tripa Makmur terdiri Desa Ujong Krueng, Desa Neubok Ye PP, Desa Neubok Ye PK, Desa Pasi Keubeu Dom.

Baca juga: Nagan Raya tetapkan status darurat banjir sampai 4 Desember 2023

Sedangkan di Kecamatan Darul Makmur, banjir merendam tercatat merendam satu desa yaitu Desa Simpang Deli.

Irfanda mengatakan bencana alam banjir yang terjadi di Kabupaten Nagan Raya disebabkan akibat hujan deras yang terjadi di daerah ini sejak tanggal 2 Desember 2023.

Akibat tingginya intensitas hujan, menyebabkan debit air Sungai Krueng Tripa  meluap dan turut menggenangi permukiman masyarakat, yang tersebar di sejumlah desa di daerah itu.

Pada bulan November 2023 lalu, bencana alam yang sama turut menggenangi sejumlah desa yang tersebar di sembilan kecamatan di Kabupaten Nagan Raya, sehingga pemerintah daerah menetapkan status darurat bencana sejak tanggal 21 November hingga 4 Desember 2023.

Irfanda mengatakan hingga Senin, pihaknya masih terus berupaya melakukan upaya untuk memastikan berapa luas dampak bencana alam yang saat ini terjadi.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya salurkan bantuan banjir untuk warga Beutong Ateuh

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023