Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyerahkan bonus bagi atlet peraih medali pada Pekan Olahraga Aceh (Pora) XIV di Kabupaten Pidie. 

Penyerahan bonus berlangsung di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Rabu malam. Bonus diserahkan Pj Bupati Aceh Tengah diwakili Asisten III Setdakab Aceh Tengah Sukirman. 

"Atas nama pemerintah daerah saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas semangat pantang menyerah dan kegigihan dari para atlet yang telah menunjukkan keahlian serta sportifitas sehingga dapat mengharumkan nama Aceh Tengah," kata Sukirman.

Dia menyampaikan pemberian bonus merupakan upaya memajukan bidang olahraga untuk menjadi motivasi bagi para atlet untuk terus mengukir prestasi.

Sukirman juga menyampaikan permintaan maaf pemkab setempat atas keterlambatan penyerahan bonus tersebut. 

 "Mohon maaf atas keterlambatan pembagian bonus kali ini, dikarenakan perencanaan administrasi keuangan telah ditetapkan sebelumnya. Akan tetapi komitmen pemda menjadi bukti, bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah tetap peduli dan menghargai jerih payah para atlet, pelatih, maupun ofisial serta cabor juara umum yang berjuang keras untuk daerah," ujarnya. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah Zulfan Diara Gayo mengatakan kontingen Aceh Tengah sukses meraih peringkat keempat pada pelaksanaan Pora XIV Pidie dengan total raihan sebanyak 125 medali yakni 40 medali emas, 42 perak, dan 43 medali perunggu. 

Aceh Tengah mengikutsertakan sebanyak 30 cabang olahraga pada ajang ini dengan total atlet sebanyak 326 atlet. 

"Ini suatu prestasi yang luar biasa karena Kabupaten Aceh Tengah menjadi juara empat dengan fasilitas persiapan yang minim. Sebanyak 21 cabang olahraga meraih medali dan dua cabor meraih juara umum yakni arung jeram dan panjat tebing. Ini prestasi yang membanggakan kita," kata Zulfan Diara. 

Adapun rincian bonus yang diserahkan kepada atlet dan cabang olahraga berprestasi adalah sebagai berikut:

-Cabor balap sepeda Rp144 juta
- Cabor kempo Rp241 juta
- Cabor catur Rp143 juta
- Cabor arung jeram Rp442 juta
- Cabor senam Rp37 juta
- Cabor panjat tebing Rp269 juta
- Cabor drum band Rp254 juta
- Cabor karate Rp88 juta
- Cabor dayung Rp175 juta
- acabor taekwondo Rp20 juta
- Cabor renang Rp133 juta
- Cabor muaythai Rp37 juta
- Cabor atletik Rp74 juta
- Cabor tinju Rp62 juta
- Cabor tarung derajat Rp8,5 juta
- Cabor binaraga Rp19 juta
- Cabor Angkat besi Rp20 juta
- Cabor menembak Rp19 juta
- Cabor pencak silat Rp63 juta
- Cabor pentaque Rp92 juta, dan 
- Cabor balap motor Rp47 juta. 
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023