Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Realisasi produksi sementara gabah di Kabupaten Aceh Besar pada musim tanam rendengan 2016-2017 mencapai 181.660 ton dengan luas panen 29.300 hektare.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Ahmad Tarmizi di Jantho, Jumat menyatakan, jumlah tersebut akan terus bertambah sebab saat ini masih ada beberapa kecamatan lagi yang masih masa panen.

Ada pun rata-rata produksi gabah milik petani pada musim tanam rendeng tersebut sebanyak 6,2 ton per hektare dengan luas panen  29.300 hektare. Ada pun luas lahan baku sawah di kabupaten tersebut 31.845 hektare.

Menurut dia produksi padi di Kabupaten Aceh Besar tersebut akan terus bertambah mengingat saat ini sebagian kecamatan di kabupaten itu dalam masa panen.

Pihaknya terus berupaya mengenjot produksi dan produktivitas hasil pertanian melalui penerapan teknologi tepat guna, pendayagunaan sarana produksi unggulan, peningkatan sarana pendukung pertanian dan memperbaiki penanganan pasca panen.

Ia mengatakan peningkatakan produksi akan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan juga upaya memenuhi kebutuhan pangan untuk Aceh Besar khususnya Banda Aceh dan Sabang serta kebutuhan untuk daerah lainnya.

"Kami meyakini dengan peningkatakan produksi akan berdampak positif terhadap pendapatan yang diperoleh petani setiap musim tanam," katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017