Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meneteskan air mata saat mengenang korban gempa dan tsunami Aceh 2024 silam ketika berziarah ke kuburan massal Siron Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, Senin.

Saat menyampaikan sambutan, SBY mengenang ketika dirinya sebagai Presiden RI berkunjung ke Aceh setelah tsunami menerjang Aceh. 

Ziarah ini sendiri untuk mengenang dan mendoakan seluruh arwah yang meninggal pada saat musibah Tsunami yang melanda Aceh pada 2004 lalu. Dengan membacakan doa dan menabur bunga.

“Ketika saya tiba di Aceh, saya melihat banyak sekali jenazah yang terletak di mana-mana. Tempat ini mengingatkan saya kepada seluruh arwah yang berpulang dalam bencana yang dahsyat itu," kata SBY.

Baca juga: SBY kunjungi Aceh, dijadwalkan kunjungi ulama dan situs bersejarah tsunami

Sambil mengusap air mata dengan suara yang terbata-terbata, SBY mengatakan bahwa musibah tsunami salah satu cobaan yang paling berat yang dihadapi oleh masyarakat Aceh. 

“Bencana tsunami salah satu cobaan yang paling berat yang dihadapi oleh masyarakat Aceh. Semoga kedepan Aceh semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera," ujar SBY.

Untuk diketahui, dalam ziarah menjelang peringatan 19 tahun tsunami Aceh ini, SBY didampingi putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Sekjen Demokrat, Ketua dan kader Demokrat Aceh, serta para ulama.

Baca juga: Ini alasan Prabowo segan memasukkan SBY dalam tim pemenangan

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023