Satuan Lalu-Lintas Polres Aceh Barat hingga akhir tahun 2023 lalu mengamankan sedikitnya 60 unit knalpot brong, dari razia di sejumlah lokasi balapan liar.

“60 knalpot brong ini kita amankan saat dilakukan penertiban balapan liar di beberapa lokasi di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat,” kata Kepala Satuan Lalu-Lintas Polres Aceh Barat, Iptu Mardiansyah kepada wartawan di Meulaboh, Senin.

Ia menyebutkan, puluhan knalpot brong yang sudah diamankan tersebut, diperoleh dari lokasi balapan liar yang diduga dilakukan oleh kalangan anak muda, saat melakukan balapan di jalan raya.

Baca juga: Polres Aceh Barat tuntaskan 95 persen perkara pidana selama 2023

Penertiban knalpot brong tersebut, kata Mardiansyah, dilakukan Satuan Lalu-Lintas Polres Aceh Barat sesuai dengan permintaan masyarakat, yang melaporkan keluhan balapan liar pada kegiatan Jumat curhat yang dilakukan kepolisian setempat.

Berdasarkan permintaan masyarakat, kemudian personel kepolisian menindaklanjuti laporan tersebut dan mengamankan 60 knalpot brong.

Iptu Mardiansyah mengatakan, Satuan Lalu-Lintas Polres Aceh Barat saat ini gencar melakukan razia di lokasi yang selama ini disinyalir sering digelar balapan liar, sehingga hal tersebut menyebabkan gangguan di masyarakat.

Pihaknya mengimbau kepada anak muda agar dapat menyalurkan hobi balapan liar melalui klub olahraga motor resmi, dan menyalurkan hobi tersebut secara resmi dan tidak lagi melakukan balapan liar di jalan raya.

“Balapan liar ini kan berbahaya, dapat menyebabkan kecelakaan dan gangguan kenyamanan masyarakat,” kata Iptu Mardiansyah.

Ia juga menyebutkan, sepanjang tahun 2023, jumlah angka kecelakaan di Kabupaten Aceh Barat mengalami kenaikan sebesar 1,96 persen, dengan jumlah kecelakaan tercatat mencapai 52 kasus.

Pada tahun 2022 lalu, jumlah angka kecelakaan di Kabupaten Aceh Barat tercatat sebanyak 51 kasus, demikian Iptu Mardiansyah.

Baca juga: Polisi amankan belasan sepeda motor tidak sesuai standar di Aceh Timur

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024