Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menggelar apel bersama dalam rangkaian peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 78, pada Rabu.

Apel bersama diikuti Kemenag Banda Aceh, UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh, dan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Aceh di halaman UPT Asrama Haji. Kepala Kanwil Kemenag Aceh Azhari selaku inspektur apel membaca amanat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 
 
Peringatan HAB pada tahun politik ini mengusung tema  "Indonesia Hebat Bersama Umat" dan diikuti peserta  dan undangan dengan seragam, kolaborasi aneka warna dari uniform peserta apel menunjukkan unit kerja. 
 
Azhari mengatakan, Menag melalui amanat apel mengajak seluruh ASN Kemenag untuk terus bekerja keras mewujudkan segala cita dalam pembentukan Kementerian Agama.
 
"Menag mengajak agar menjadikan tema ini sebagai landasan untuk memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat," ujarnya.
 
Para pegawai Kemenag di seluruh unit juga diminta untuk bersama-sama menjadikan pelayanan umat sebagai panggilan hati, bukan sekadar kewajiban birokrasi.
 
Peringatan HAB ke 78, kata Azhari, Kemenag juga telah melangsungkan serangkaian kegiatan mulai dari doa bersama untuk Palestina, yang diikuti secara virtual.
 
Usai apel HAB, Kemenag Aceh juga melakukan kegiatan donor darah, kunjungan ke sesepuh, panti jompo serta santunan ke panti yatim bersama DWP Kanwil Kemenag Aceh
 
Selain itu, dalam beberapa hari ke depan, Kemenag Aceh juga akan menggelar gotong royong pembersihan rumah ibadah di Banda Aceh dan Aceh Besar, kegiatan olahraga gembira dan voli, sunatan massal, seminar nasional bersama insan madrasah, serta malam Anugerah Kemenag Award.

Di sisi lain, dalam momentum HAB, Kemenag juga menyalurkan bantuan sebesar Rp44,8 miliar untuk Palestina. 
 
Bantuan ini diserahkan kepada LazisNU dan LazisMU, melibatkan sumbangan dari ASN Kemenag seluruh Indonesia senilai Rp41,5 miliar, serta sumbangan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag se Indonesia senilai Rp3,4 miliar.
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024