Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui  Dinas Pertanian setempat menyatakan menerapkan empat langkah khusus guna meningkatkan produksi padi di daerah setempat pada tahun 2024.

“Kita akan melakukan empat langkah untuk meningkatkan produksi padi khususnya di Aceh Besar yang juga berpedoman sesuai program kementerian upaya khusus (Upsu)) peningkatan produksi padi dan Jagung,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar di Lambaro, Selasa.

Ia menyebutkan keempat langkah peningkatan produksi yang akan dilakukan pada tahun 2024 yakni perluasan areal tanam baru  (PATB ), peningkatan indeks pertanaman, peningkatan peran penyuluhan dan optimalisasi alsintan.

Menurut dia dengan pendekatan keempat langkah tersebut akan mampu meningkatkan produksi dan meningkatkan kesejahteraan para petani yang tersebar di 23 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar.

Baca: Kementerian Pertanian upayakan peningkatan produktivitas petani Aceh Besar, begini strateginya

Ia menambahkan pihaknya juga terus melakukan berbagai upaya dan juga pendekatan lainnya sehingga produksi padi di kabupaten Aceh Besar terus meningkat dalam upaya mendukung swasembada pangan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Agus Rizal menyebutkan pada tahun 2023 pihaknya menargetkan luas tanam seluruhnya di Kabupaten Aceh Besar yakni dengan total luas 40.699 hektare dan luas panen pada tahun itu diperkirakan mencapai 40.610 hektare dengan rata-rata produksi 6,7 ton per hektare gabah kering panen (GKP).

Adapun luas lahan baku sawah di Kabupaten Aceh Besar seluas 25.692 terdiri dari sawah tadah hujan 8.770 hektare dan irigasi 16.904 hektare.

Baca: Unaya siap lahirkan petani milenial di Aceh

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024