Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin menyebut pendistribusian semua logistik Pemilu 2024 untuk wilayah Banda Aceh berjalan dengan baik dan lancar dan kini Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat sedang pada tahap penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Hari ini kami bersama jajaran Forkopimda didampingi ketua KIP, melihat langsung surat dan kotak suara. Saya melihat semua logistik pemilu untuk Banda Aceh termasuk kotak dan surat suara sudah sampai di Banda Aceh dengan baik dan tidak ada kendala apapun," katanya di Banda Aceh, Rabu.

Pj Wali Kota dan unsur Forkopimda mengunjungi langsung gudang logistik milik KIP Banda Aceh di Kampung Mulia, Kuta Alam. Mereka juga mengecek kekuatan kotak suara dan persediaan logistik serta fasilitas lainnya, sekaligus mengecek proses pelipatan surat suara di Gedung IT Learning Center Pemerintah Kota Banda Aceh.

Baca: Pj Bupati Aceh Besar pantau logistik Pemilu 2024

Ia menyebut pemantauan gudang logistik dan proses pelipatan surat suara tersebut untuk memastikan dan melihat langsung kesiapan pemilu serentak yang akan dilaksanakan pencoblosan pada 14 Februari mendatang. 

Amiruddin berharap proses pelipatan surat suara di Banda Aceh termasuk pengamanan juga dapat berjalan dengan baik, sehingga tidak menimbulkan kendala apapun. 

“Kita berharap kepada KIP dan pengamanan di sini, kita sama-sama menjaga sehingga proses pemilihan ini bisa lancar sampai hari H,” katanya.

Baca: KIP Banda Aceh mulai lipat 863.970 lembar surat suara Pemilu 2024
Sementara itu, Ketua KIP Banda Aceh Yusri Razali mengatakan surat surat yang diterima dalam kondisi baik, meski ada sebagian kecil surat suara yang rusak, yaitu surat suara untuk DPR RI. 

“Setelah kita sortir dan lipat, ada beberapa yang belum selesai yaitu untuk DPR RI yang kondisinya tidak bagus. Ada yang kena bercak tinta dan ada yang sobek,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Yusri, surat suara yang rusak tersebut akan dilaporkan kepada KPU dan selanjutnya dimusnahkan. 

Baca: KIP Aceh Timur terima 1,5 juta lembar surat suara Pemilu 2024

Ia menambahkan Banda Aceh memiliki 618 tempat pemungutan suara (TPS). Pihaknya sudah menerima surat suara sebanyak 174.084 lembar per jenis pemilihan, yakni pemilihan presiden, DPR RI, DPD RI, DPRA, dan DPRK sehingga total surat suara yang diterima sekitar 800 ribu lembar.

"Target kita pelipatan surat suara ini berjalan selama 12 hari sampai tanggal 18 Januari 2024,” katanya.

Saat pantauan dan pengecekan turut hadir Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan  Ramli, Dandim 0101/KBA Letkol Czi Widya Wijanarko, dan Kepala Kejari Banda Aceh Irwansyah.

Baca: KIP Aceh Timur terima 1,5 juta lembar surat suara Pemilu 2024

 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024