Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mengusulkan formasi penugasan khusus tahun 2024 guna ditempatkan di sejumlah Puskesmas di daerah terpencil di daerah tersebut.

“Usulan kebutuhan formasi penugasan khusus ini dalam rangka mendukung program pemerintah berupa Nusantara Sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah kepada ANTARa di Meulaboh, Jumat.

Ada pun formasi yang diusulkan tersebut diantaranya satu orang tenaga ahli teknologi laboratorium medik dan farmasi untuk penempatan di Puskesmas Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

Kemudian satu orang dokter umum, satu dokter foto, dua perawat dan satu tenaga farmasi untuk ditempatkan di darah sangat terpencil di Puskesmas Kajeung, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

Syarifah Junaidah menjelaskan pihaknya juga turut mengusulkan satu orang tenaga dokter gigi untuk penempatan di Puskesmas Layung, Kecamatan Bubon dan satu orang tenaga ahli teknologi laboratorium medik untuk penempatan di Puskesmas Meutulang, Kecamatan Panton Reue, Kabupaten Aceh Barat.

Pihaknya juga turut mengusulkan formasi satu orang dokter untuk ditempatkan di Puskesmas Pasi Mali, Kecamatan Woyla Barat.

Kemudian satu formasi untuk tenaga dokter dan kesehatan masyarakat untuk ditempatkan di Puskesmas Tangkeh, Kecamatan Woyla Timur dan sayu orang dokter gigi dan satu orang formasi perawat untuk ditempatkan di Puskesmas Kuala Bhee, Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat.

Syarifah Junaidah menjelaskan usulan formasi tersebut berdasarkan permintaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Surat Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan Direktorat Jendral Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: PG.01.05/F.IV/0067/2024
Tanggal 05 Januari 2024 Peihal Usulan Formasi Penugasan Khusus Tahun 2024.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga menjamin keselamatan dan keamanan peserta penugasan khusus tenaga kesehatan, untuk mendukung Program Nusantara Sehat dalam melaksanakan tugas.

Kemudian juga bersedia menyediakan prasarana, sarana dan fasilitas tempat tinggal yang layak untuk menunjang pelaksanaan tugas,  menerbitkan surat izin (SIP) untuk peserta penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dalam mendukung Program Nusantara Sehat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga bersedia mengirim petugas untuk melakukan serah terima peserta penugasan khusus tenaga kesehatan dalam mendukung program Nusantara Sehat.

“Pemkab Aceh Barat juga bersedia membiayai petugas dalam rangka penjemputan dan pengantaran peserta penugasan khusus tenaga kesehatan, dalam mendukung program Nusantara Sehat ke lokasi penempatan,” demikian Syarifah Junaidah.

Baca juga: RSUD Meulaboh Aceh penuhi tuntutan ratusan nakes yang berunjuk rasa

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024