Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat mencatat adanya penurunan kasus stunting di daerah itu pada Desember 2023.

“Penurunan angka stunting ini berhasil kita lakukan dengan adanya intervensi yang dilakukan tenaga kesehatan di Kabupaten Aceh Barat dan pihak terkait lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah di Meulaboh, Selasa.

Ia menjelaskan pada Desember 2023 jumlah anak terindikasi sunting di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat tercatat mencapai 140 orang atau menurun sekitar 73 persen dibanding September 2023. Pada September 2023, jumlah anak yang mengalami kasus stunting mencapai sebanyak 227 orang.

Syarifah Junaidah menjelaskan penurunan kasus stunting tersebut diketahui setelah petugas kesehatan yang bertugas di 13 Puskesmas di Kabupaten Aceh Barat, gencar melakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan balita di daerah tersebut.

Dari total 14.848 orang balita yang tercatat di Kabupaten Aceh Barat, sebanyak 10.767 orang balita telah dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan.

Ia mengakui intervensi kasus stunting di Kabupaten Aceh Barat dipastikan akan terus dilakukan, untuk terus menurunkan angka stunting di daerah tersebut, demikian Syarifah Junaidah.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024