Meulaboh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, menjanjikan bonus kepada kafilah yang berprestasi sebagai pembinaan pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-33 tahun 2017 tingkat kabupaten daerah itu.

Bupati Aceh Barat H T Aladinsyah di Meulaboh, Selasa, mengatakan, bonus diberikan sesuai kemampuan daerah, diharapkan upaya itu dapat memberi motivasi peserta untuk mendapatkan nilai terbaik sehingga mewakili daerah ke tingkat provinsi dan nasional.

"Dari 12 kafilah, bagi kafilah yang berprestasi di ajang MTQ ke-33 kabupaten ini, pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan memberikan bonus nantinya sesuai dengan kemampuan anggaran daerah,"sebutnya.

Pernyataan itu disampaikan disela-sela membuka MTQ ke-33 tingkat Kabupaten Aceh Barat pada Senin (17/4) pukul 18.00 WIB di Desa Kuta Padang, Kecamatan Bubon, acara pembukaan itu turut dihadiri Forkopimda, SKPK, camat dan masyarakat.

Alaidinsyah menyampaikan, kafilah terbaik nantinya akan mewakili Kabupaten Aceh barat pada MTQ tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Aceh Timur, untuk mewujudkan target daerah dapat meraih lima besar untuk semua perlombaan.

Namun lebih penting lagi kata dia, dengan adanya MTQ tersebut dapat meningkatkan dumber daya insan dengan menanamkan rasa cinta quran kepada generasi muda muslim/muslimat sehingga semakin gemar membaca quran.

"Dengan adanya MTQ ini dapat termotivasi gemar membaca quran, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran sebagai tuntunan kehidupan sehari-hari. Itu adalah sasaran akhir pemerintah,"sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan MTQ menjadi salah satu program prioritas yang dilaksanakan Pemkab Aceh Barat tahun ini, dengan acara demikian juga dapat lebih memperkenalkan keberadaan Kecamatan Bubon dengan banyaknya warga berkunjung.

Masyarakat di Kecamatan Bubon juga diharapkan, agar mendukung penuh pelaksanaan MTQ tersebut, karena melalui kegiatan dipusatkan di kawasan setempat maka menjadi pusat perputaran ekonomi walaupun dalam waktu tidak lama.

Alaidinsyah menharapkan, melalui semangat syiar Islam tersebut akan semakin menambah kemampuan ilmu relegi masyarakat dan manfaatnya sangat besar untuk membentengi ummat Islam, terutama generasi muda dari berbagai perilaku tidak baik.

"Untuk itu, Pemkab Aceh Barat sangat mendukung pelaksanaan MTQ dilaksanakan di Kecamatan Bubon, dengan menjadi tuan rumah kami percaya akan banyak dampak positif dirasakan masyarakat sekitar,"katanya menambahkan.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017