Kepolisian Resor (Polres) Aceh Timur mengerahkan sebanyak 846 personel untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 yang digelar serentak antara pemilihan anggota legislatif dengan pemilihan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Kapolres AKBP Nova Suryandaru di Aceh Timur, Sabtu, mengatakan pihaknya sudah menggelar apel kesiapan dan ratusan personel itu siap melaksanakan tugas pengamanan pesta demokrasi rakyat tersebut.

"Ada sebanyak 846 personel untuk pengamanan TPS. Pengamanan juga didukung personel bawah kendali operasi atau BKO Polda Aceh serta serta 21 perwira pengamat wilayah dan 223 personel yang disiagakan," kata Kapolres.

Sebelumnya, Nova Suryandaru mengatakan pihaknya melaksanakan apel kesiapan pengamanan Pemilu 2024. Apel tersebut untuk mengetahui kesiapan dan kelengkapan personel dalam pengamanan pemilu di TPS.

Pada apel tersebut, perwira menengah Polri itu meminta personel pengamanan membangun komunikasi dengan berbagai pihak serta memperkuat sinergitas dan soliditas dengan TNI.

Nova Suryandaru juga mengingatkan jajaran Polres Aceh Timur untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, sehingga pemilu berjalan aman dan lancar.

Selain itu, Kapolres juga menekankan kepada seluruh personel Polres Aceh Timur untuk tetap menjaga netralitas Polri pada Pemilu 2024 serta mematuhi petunjuk dalam menjalankan tugas

"Kenali lingkungan TPS yang akan diamankan serta jalin komunikasi dengan TNI dan para pemangku kepentingan lainnya untuk memperkuat sinergitas dan soliditas dalam pelaksanaan pengamanan pemilu agar berjalan dengan aman dan lancar," kata Nova Suryandaru.

Jumlah tempat pemungutan suara pada Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Timur sebanyak 1.252 TPS yang tersebar di 24 kecamatan dan 513 desa atau gampong.

Sedangkan jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Timur berjumlah 296.896 orang, terdiri atas 149.264 pemilih perempuan dan 147.632 pemilih laki-laki.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024