Komisi Pemilihan Umum (KPU) / Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, memastikan hadiah utama jalan santai berupa satu unit sepeda motor listrik kepada anak kandung Ketua Panitia Seleksi komisioner KPU/KIP Nagan Raya, tidak terkait penjaringan komisioner KPU yang saat ini berlangsung.

“Secara pribadi saya tidak tahu siapa pemenangnya, tidak tahu siapa yang mendapatkan (hadiah) itu,” kata Ketua KPU/KIP Kabupaten Nagan Raya Arif Budiman yang dikonfirmasi pada Sabtu sore.

Penyerahan hadiah utama tersebut dalam kegiatan jalan santai yang diselenggarakan oleh KPU/KIP Nagan Raya, yang digelar pada Sabtu pagi di Kompleks Perkantoran Suka Makmue, sebagai upaya sosialisasi agar masyarakat menyukseskan Pemilu 2024.

Seperti diketahui, hadiah juara utama kegiatan jalan santai yang digelar oleh KIP Nagan Raya, Aceh, pada Sabtu pagi diduga diperoleh oleh anak Ketua Panitia Seleksi Komisioner KIP Nagan Raya periode 2024-2029.

Hadiah utama tersebut diperoleh setelah Ketua KIP Nagan Raya, Arif Budiman, diduga sengaja menarik nomor undian dari dalam topi yang sebelumnya ia kenakan di kepala, saat acara pengundian berlangsung.

Menanggapi hal itu, Arif Budiman mengaku nomor undian peserta yang memenangkan hadiah utama tidak jadi ambil di dalam topi miliknya, melainkan tetap diambil dalam wadah kaca nomor undian yang tersedia.
 
Ketua KIP Nagan Raya, Aceh, Arif Budiman diduga menarik nomor undian peserta jalan santai dari dalam topi yang ia pakai, saat berlangsungnya kegiatan jalan santai dipusatkan di Kompeks Perkantoran Suka Makmue, Sabtu (10/2/2024). (ANTARA/HO)


Dia juga meminta agar perolehan hadiah utama jalan santai tersebut tidak di politisir.

“Jadi kalau ke mau memenangkan lebih baik isteri sendiri, ngapain orang lain,” katanya.

Dia memastikan tidak ada pengaturan khusus untuk menentukan siapa yang berhak menerima hadiah utama berupa sepeda motor listrik.

Bertemu Ketua Pansel KPU Sebelum Acara

Ketua KIP Nagan Raya, Arif Budiman juga membenarkan pada malam hari sebelum acara jalan santai berlangsung, ia sempat bertemu dengan Ketua Pansel KPU/KIP Nagan Raya di kantornya di Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

“Benar ada bertemu, beliau cuma ambil baju (baju peserta jalan santai) kemudian pulang,” kata Arif Budiman.

Ia mengaku pertemuan dirinya dengan Ketua Pansel KIP Nagan Raya di Kantornya, tidak terkait kegiatan jalan santai yang berlangsung pada Sabtu pagi.

Saat ini ia bertemu dengan Ketua Pansel KPU/KIP Nagan Raya juga tidak seorang diri, perempuan tersebut turut disaksikan oleh Sekretaris KIP Nagan Raya.

Baca juga: KIP Nagan Raya bimbing 716 PPK dan PPS

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024