Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) memastikan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024 akan bersih sebelum hari pemilihan umum yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

“Kita telah menyurati seluruh peserta pemilu di Aceh Besar untuk menurunkan APK secara mandiri dan kita juga telah mengimbau kepada seluruh panwascam hingga gampong untuk membersihkan alat kampanye,” kata Ketua Panwaslih Aceh Besar Junaidi di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan panwaslih bersama dengan instansi terkait akan melakukan pembersihan terhadap APK yang tidak diturunkan secara mandiri baik oleh partai politik maupun calon anggota legislatif.

Menurut dia untuk seluruh APK tersebut dipastikan akan bersih di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar H-1 sebelum hari pemungutan suara berlangsung.

“Kita akui wilayah Kabupaten Aceh Besar sangat luas dan kita saat ini terus bergerak ke seluruh kecamatan untuk membersihkan alat peraga kampanye yang masih terpasang dan tidak diturunkan oleh peserta pemilu,” katanya.

Ia juga menambahkan, pihaknya juga memastikan pengawasan pemilihan umum yang berlangsung di Kabupaten Aceh Besar akan berjalan maksimal termasuk di pulau terluar yakni Kecamatan Pulau Aceh.

Kecamatan Pulau Aceh merupakan salah satu pulau terluar dengan memiliki dua pulau yakni Pulau Nasi dan Pulau Breuh. Adapun jumlah pemilih di Kecamatan Pulau Aceh sebanyak 3.225 orang yang tersebar di 18 tempat pemungutan suara (TPS) dalam 17 desa terdiri dari 12 desa di Pulau Breuh dan lima desa di Pulau Nasi.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024