Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh memastikan pendistribusian surat suara dan logistik pemilu lainnya yang dilakukan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) di daerah Pulau Weh itu berjalan lancar, sehingga siap untuk pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Selasa, mengatakan salah satu tugas pemerintah daerah dalam pemilu ialah membantu KIP mendistribusikan logistik, sehingga pihaknya bersama forum komunikasi pimpinan daerah memastikan proses tersebut dapat berjalan lancar. 

"Alhamdulillah kita sudah lepas, Insya Allah semua logistik pemilu disalurkan ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) pada hari ini dengan baik," kata Reza di Kota Sabang.

Hal tersebut dipastikan Reza di sela-sela melepas pendistribusian logistik Pemilu 2024 dan pemusnahan surat suara yang lebih dan rusak di Kantor KIP Kota Sabang.

Ia mengapresiasi KIP dan Bawaslu Kota Sabang beserta seluruh aparat keamanan dan unsur lainnya yang telah bekerja keras dan profesional dalam mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Oleh karenanya, dia juga mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada Rabu (14/2) besok untuk menggunakan hak pilih dengan bijak.

“Kita harapkan semuanya dapat menggunakan hak pilihnya, karena salah satu indikator keberhasilan pemilu itu adalah partisipasi pemilih yang tinggi, dan tentu kita harapkan semuanya berjalan dengan baik, aman, damai dan lancar," katanya.

Sementara itu, Ketua KIP Sabang Akmal Said menjelaskan pendistribusian logistik Pemilu 2024 sekaligus pemusnahan surat suara yang lebih dan rusak, merupakan rangkaian dari tahapan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan KPU RI.

Adapun yang didistribusikan meliputi sebanyak 440 unit bilik suara, segel 10.736 unit, kotak suara 561 unit, tinta 230 botol, 550 dus surat suara dengan surat suara sebanyak 146.935 lembar.

Selanjutnya, kata dia, logistik pemilu tersebut akan didistribusikan kepada tiga daerah pemilihan, 110 TPS dengan jumlah pemilih 28.567 dan daftar pemilih tambahan sejumlah 532 orang. 

“Karena kita berada di wilayah yang relatif bisa dijangkau dalam waktu satu hari maka kita laksanakan ini di H minus satu dan ini memang sesuai ketentuan oleh KPU RI," ujarnya.

Untuk surat suara yang dimusnahkan, lanjut dia, sebanyak 962 lembar, terdiri dari surat suara pemilihan presiden wakil presiden, surat suara DPR RI, surat suara DPD RI, surat suara DPR kabupaten/kota serta surat suara DPR Aceh.

"Tentu ini adalah bagian dari tahapan yang kita laksanakan menuju pelaksanaan pemilu serentak 2024, yang pemungutan suaranya jatuh besok pada 14 Februari 2024. Alhamdulillah kegiatan hari ini telah terlaksana dengan baik," katanya.

Terkait pengamanan, Kapolres Sabang Erwan mengatakan pihaknya telah menyiagakan sebanyak 277 personel, yang juga akan dibantu 70 personel TNI dalam pengamanan pesta demokrasi itu.

"Insya Allah dengan kekuatan ini, harapan kami kegiatan pemilu di kota Sabang dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib," ujarnya.

Baca juga: Trip penyeberangan Sabang-Banda Aceh dihentikan karena cuaca buruk

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024