Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Besar mencetak 455 lembar kartu tanda penduduk (KTP) elektronik pada layanan yang dibuka saat cuti bersama dan hari pemilihan umum 14 Februari 2024.

“Alhamdulillah layanan yang kita buka pada hari cuti bersama dan pemilihan umum mendapat sambutan positif dari masyarakat. Mereka terlihat antusias untuk mengurus administrasi kependudukan,” kata Kadisdukcapil Aceh Besar Rahmad Sentosa di Lambaro, Kamis.

Ia menjelaskan pada cuti bersama tanggal 8,9,10, 11 dan hari pencoblosan, Disdukcapil membuka layanan pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di empat UPTD dan Mall Pelayanan Publik Lambaro pada hari libur nasional.

Ia menyebutkan pada layanan cuti bersama tersebut, Disdukcapil Aceh Besar mencetak sebanyak 455 lembar KTP elektronik dan merekap sebanyak 116 orang serta mengeluarkan berbagai dokumen lainnya seperti akte kematian, kelahiran dan kartu keluarga.

“Pembukaan layanan di hari libur tersebut sebagai bentuk komitmen Disdukcapil Aceh Besar dalam penertiban data masyarakat, terutama saat menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres)  pada 14 Februari 2024,” katanya.

Ia menambahkan jumlah masyarakat yang belum melakukan perekaman sebanyak 2.727 orang dari total jumlah data penduduk potensial pemilih pemilu  (DP4) sebanyak 9.783 orang.

“Kita targetkan dalam tahun ini seluruh masyarakat yang belum terekam akan segera dilakukan perekaman lewat program jemput bola ke sekolah-sekolah termasuk juga ke gampong/desa," katanya.

Ia juga mengimbau bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik untuk dapat segera mengunjungi unit layanan Disdukcapil Aceh Besar.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat catat peningkatan perekaman KTP di masa Pemilu

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024