Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencatat adanya peningkatan perekaman KTP elektronik masa pelaksanaan Pemilu 2024 dari kalangan masyarakat di daerah tersebut.

“Peningkatan perekaman KTP elektronik ini karena adanya kebutuhan dari masyarakat saat hari pemungutan suara,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Barat, Saijal Wahbi kepada ANTARA di Meulaboh, Rabu.

Ia menyebutkan, peningkatan pengurusan administrasi kependudukan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat sejak tanggal 8, 9, 10, 11, 14 Februari 2024 tercatat sangat tinggi, diantaranya seperti cetak KTP elektronik berjumlah 128 pemohon, dan rekam KTP sebanyak 93 orang.

Baca juga: Disdukcapil: Perekaman KTP-El di Aceh Besar capai 98 persen

Sedangkan pembuatan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebanyak sembilan orang, pembaharuan (update) kartu keluarga sebanyak enam orang, serta pengurusan datang atau pindah sebanyak dua orang.

Saijal Wahbi menyebutkan pihaknya sengaja membuka layanan administrasi kependudukan pada hari libur cuti bersama, termasuk pada hari pemungutan suara 14 Februari 2024, sebagai upaya membantu masyarakat yang membutuhkan layanan dari pemerintah.

Pembukaan pelayanan ini sebagai upaya dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat untuk mendukung sepenuhnya, pelaksanaan Pemilu 2024 yang telah berlangsung sepanjang Rabu.

Saijal Wahbi mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, sehingga diharapkan pelayanan publik bagi masyarakat yang membutuhkan dapat terlayani dengan baik meski pun pada hari libur atau cuti bersama.

Baca juga: Disdukcapil: Jumlah perekaman KTP elektronik di Aceh Besar capai 98 persen

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024