Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dipilih sebagai salah satu kabupaten di Aceh sebagai proyek percontohan untuk pengembangan model inovasi penanggulangan kemiskinan. 

“Program ini bertujuan untuk menguatkan kelembagaan dan sumber daya tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD),” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat,  Marhaban di Meulaboh, Rabu.

Melalui program ini, kata Marhaban, akan menjadi upaya nyata dalam menghasilkan langkah percepatan penanggulangan kemiskinan yang efektif dan inovatif.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat  berkomitmen untuk melakukan inovasi dan langkah konkret dalam penanggulangan kemiskinan daerah.

Hal ini dilakukan dengan menerbitkan Peraturan Bupati Aceh Barat Nomor 6 tahun 2023, yang menegaskan komitmen pemerintah untuk melaksanakan penanggulangan kemiskinan melalui lima strategi utama.

Pada tanggal 2 Oktober 2023, Kabupaten Aceh Barat berhasil mendapatkan penghargaan dana insentif fiskal kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat tahun 2023 dari Kementerian Keuangan. 

Marhaban mengatakan, penghargaan ini sekaligus menjadi bukti keberhasilan pemerintah dalam kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem. 

Kabupaten Aceh Barat juga menerima penghargaan dana insentif fiskal lainnya, sehingga menjadikannya kabupaten Aceh barat  satu-satunya di Provinsi Aceh yang menerima dana insentif fiskal tiga kali berturut-turut pada tahun 2023.

Marhaban mengatakan penanggulangan kemiskinan perlu didukung dengan basis data yang mutakhir dan terintegrasi guna meningkatkan akurasi penentuan target dan validitas data sasaran. 

Hadirnya inovasi satu data kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk mendukung berbagai langkah dan upaya penanggulangan kemiskinan, demikian Marhaban.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat peringati syahid pahlawan Teuku Umar melalui napak tilas

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024