Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, memastikan penyaluran bantuan beras cadangan pemerintah kepada 16.188 masyarakat miskin tersebar di 10 kecamatan di daerah tersebut telah mencapai 70 persen.

“Dari total 161.880 kilogram beras yang diperuntukkan bagi 16.188 masyarakat miskin, sebanyak 113.316 kilogram beras telah diterima oleh masyarakat penerima manfaat,” kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan (DKPP) Kabupaten Nagan Raya, Azman di Suka Makmue, Rabu.

Ia menyebutkan, masing-masing masyarakat penerima manfaat mendapatkan beras sebanyak 10 kilogram per orang.

Menurutnya, bantuan beras tersebut merupakan bantuan yang disediakan oleh Badan Pangan Nasional Republik Indonesia, dengan penugasan Perum Bulog yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia selaku transporter resmi.

Pada tahun 2024 Kabupaten Nagan Raya mendapatkan kuota bantuan sebanyak 16.188 orang keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan beras dari pemerintah.

Bantuan pangan ini diberikan dalam dua tahap diantaranya pada tahap pertama periode bulan Januari-Maret 2024.

Kemudian pada tahap kedua akan disalurkan pada periode April-Juni 2024.

Azman mengatakan bantuan beras yang diterima oleh keluarga penerima manfaat atau KPM tersebut, menggunakan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kemenko PMK.

Untuk penyaluran saat ini, kata dia, baru disalurkan 10 kilogram beras untuk jatah bulan Januari 2024.

“Kalau jatah bulan Januari 2024 sudah selesai kita distribusi kan, maka akan dilanjutkan untuk penyaluran jatah bulan Februari 2024,” demikian Azman.

Baca juga: Warga Pulau terluar Aceh terima bantuan pangan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024