Himpunan mahasiswa jurusan S-1 Perbankan Syariah Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh menggelar seminar terkait pengembangan produk halal sebagai upaya dalam optimalisasi kontribusi ekonomi syariah terhadap perekonomian nasional.

Ketua Pelaksana Nurairni di Banda Aceh, Sabtu mengatakan pihaknya mengangkat tema halal dalam seminar mengingat saat ini instrumen halal menjadi salah satu prioritas negara, dalam mendorong pasar ekonomi syariah terus berkelanjutan.

“Dalam rangka mengantarkan Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045,” kata Nurairni.

Dalam seminar ini, himpunan mahasiswa perbankan itu menghadirkan Dr Ida Friatna MAg sebagai pemateri, yang merupakan Dosen Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Menurut Ida, saat ini Aceh menjadi episentrum dan model bagi Indonesia dalam mempelopori gerakan ekonomi syariah yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Sehingga isu produk halal tersebut menjadi salah satu poin penting dalam mendorong gerakan ekonomi syariah untuk terus bergerak pada tren positif di Aceh dan Indonesia.

Di Aceh, lanjut dia, Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) telah menjadi kedudukan hukum (legal standing) bagi Aceh untuk terus komitmen serta konsisten dalam memperjuang gerakan ekonomi syariah secara masif dan terstruktur.

“Sehingga instrumen produk halal ini diharapkan mampu menjadi daya pikat bagai pelaku usaha di Aceh dan Indonesia dalam mendorong market ekonomi syariah bergerak pada tren positif,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah Dr Ramadon Tosari Fauzi M Ed mengajak agar mahasiswa dan dosen terus memberikan nilai-nilai positif untuk memajukan prodi dan fakultas melalui kegiatan yang bermanfaat bagi umat dan bangsa.

“Seminar ini diharapkan terus berkelanjutan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Prodi S1 Perbankan Syariah Musfira, yang menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak berserta civitas akademik Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah yang telah ikut menyukseskan seminar ekonomi tersebut. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi fakultas dan prodi S1 Perbankan Syariah. Kita berharap agar kegiatan semacam ini terus berjalan secara berkelanjutan dalam rangka mewujudkan kampus Merdeka,” ujarnya.

Baca juga: ARC Universitas Syiah Kuala sebut industri nilam Aceh masuki era baru

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024