Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh mengerahkan sebanyak 3.200 personel untuk pengamanan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.

Kepala Bagian Kerja Sama Biro Operasi Polda Aceh AKBP Pandji Santoso di Banda Aceh, Rabu, mengatakan selain personel, kepolisian juga mendirikan 32 pos pengamanan dan 20 pos pelayanan Idul Fitri 1445.

"Polda Aceh siap mengamankan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Ada sebanyak 3.200 personel serta 32 pos pengamanan dan 20 pos pelayanan mendukung pengamanan lebaran tersebut," kata Pandji Santoso menyebutkan.

Untuk pengamanan hari raya tersebut, kata dia, Polda Aceh akan menggelar Operasi Ketupat Seulawah 2024. Operasi tersebut berlangsung selama 13 hari mulai 4 hingga 16 April 2024. 

"Sasaran operasi adalah memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat mudik atau pulang kampung serta merayakan Idul Fitri bersama keluarga," kata Pandji Santoso.

Selain itu, kata dia, Polda Aceh dan jajaran juga menyediakan layanan khusus bagi masyarakat yang memfasilitasi penitipan kendaraan bermotor. Masyarakat yang mudik dapat menitipkan kendaraan bermotor di polsek maupun polres.

"Layanan penitipan tersebut tidak dipungut bayaran. Layanan penitipan ini untuk memastikan kendaraan bermotor masyarakat aman selama ditinggal mudik saat lebaran nanti," kata perwira menengah Polda Aceh tersebut.

Pandji Santoso mengatakan jajaran kepolisian juga meningkatkan patroli khusus untuk pengamanan rumah kosong yang ditinggalkan mudik. Peningkatan patroli tersebut juga untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

"Kami juga mengimbau masyarakat menjadi polisi bagi diri sendiri, sehingga gangguan keamanan bisa dicegah. Kepada pemudik, kami juga mengimbau memastikan keamanan rumah sebelum ditinggalkan pergi serta menyiapkan fisik untuk perjalanan pulang kampung," kata Pandji Santoso.


Baca juga: Ditsamapta Polda Aceh berbagi di jumat berkah

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024