Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mulai melakukan penyusunan rencana pembangunan jangka panjang kabupaten (RPJPK) tahun 2025-2045 dan rencana kerja pembangunan kabupaten (RKPKP) tahun 2025, dipusatkan di Aula Bappeda,Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

“Musrenbang yang dilaksanakan ini merupakan agenda penting yang dilaksanakan daerah terhadap penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk 20 tahun ke depan,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas dalam keterangannya diterima di Suka Makmue, Jumat.

Ia mengatakan, dalam RKPK tahun 2025 difokuskan terhadap isu-isu pembangunan, seperti meningkatkan nilai tambah melalui penyediaan infrastruktur dan hilirisasi, sektor pertanian dan perikanan.

Hal ini bertujuan agar dapat terbangunnya kemandirian ekonomi dan mengentas kemiskinan ekstrem.

Baca juga: BPS catat pertumbuhan ekonomi Nagan Raya 7,57 persen di 2023, tertinggi nasional

Melalui kegiatan ini, Fitriany Farhas mengajak seluruh instansi dan pihak agar dapat berperan lebih aktif demi kemajuan daerah. Sehingga nantinya berbagai program dapat yang diajukan ke pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat dapat terwujud.

Ia mengatakan, penyelenggaraan musrenbang ini merupakan momen yang sangat strategis untuk menjaring ide, gagasan, sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif lainnya dari berbagai pemangku kebijakan yang ada di Kabupaten Nagan Raya.

Hal ini, bertujuan untuk menampung berbagai isu strategis, visi, misi dan arah kebijakan, serta sasaran pokok dalam penyusunan dokumen RPJPK Nagan Raya tahun 2025-2045.

Fitriany mengatakan, kegiatan ini juga sebagai sebagai upaya dalam memperkuat proses perencanaan pembangunan Kabupaten Nagan Raya, Aceh yang lebih baik, relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Sehingga akan mampu menghasilkan dokumen perencanaan daerah yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan pembangunan Nagan Raya ke depan.

Wakil Ketua II DPRK Nagan Raya, Aceh, Puji Hartini mengatakan dengan adanya musrenbang tersebut, diharapkan dapat terjalin komunikasi yang lebih intensif dalam membahas dan merumuskan berbagai kebijakan strategis serta program prioritas, untuk menentukan arah pembangunan Kabupaten Nagan Raya.

"Semoga program yang telah disusun dapat menjawab permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, sehingga bisa membawa Nagan Raya ke arah yang lebih baik lagi," harapnya.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya mulai salurkan bantuan pompa air bantuan Kementan RI

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024