Rafi Riyadi, santri SMA Dayah Darul Quran Aceh (DQA) berhasil meraih medali emas dan perak dalam dua ajang Olimpiade sains tingkat nasional.

“Torehan prestasi ini menjadi sebuah kebanggaan karena dapat mengharumkan nama sekolah dan lembaga pendidikan di Aceh,” kata Kepala SMA Swasta Dayah Darul Quran Aceh Ustadz Fauzal di Aceh Besar, Jumat.

Santri yang beralamat di Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar itu berhasil meraih medali dalam waktu yang bersamaan pada dua ajang yang berbeda.

Santri kelas X itu meraih medali emas cabang Biologi pada ajang Olimpiade sains tingkat nasional yang bertajuk Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSAN) tahun 2024, serta juga mampu memperoleh medali perak cabang Bahasa Inggris pada ajang kompetisi sains se Indonesia (KSSI) tahun 2024.

Menurut Fauzal, prestasi tersebut juga menjadi motivasi terbesar bagi seluruh santri di dayah untuk terus berkembang dalam meningkatkan kompetensi akademik sehingga dapat bersaing dalam skala lokal, nasional maupun internasional.

Hingga kini, kata dia, SMA swasta Dayah Quran Aceh terus meningkatkan kompetensi pembelajaran melalui bermacam-macam pendekatan, dengan tujuan utama untuk membentuk siswa yang berkarakter serta memiliki kompetensi akademik yang baik. 

“Sehingga nantinya para santri akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman sehingga tumbuh rasa percaya diri untuk bersaing di ajang apapun dan dengan siapapun,” ujarnya.

Fauzal juga berharap dengan capaian tersebut akan menjadi batu loncatan bagi santri-santri lainnya untuk terus fokus dalam meningkatkan minat belajar.

“Insha Allah kedepannya akan banyak lagi santri dari SMA swasta Dayah Darul Quran Aceh ini yang mampu berbicara dan memperoleh prestasi dalam berbagai ajang perlombaan di tingkat nasional,” ujarnya.

Baca juga: Daurah Al Quran Ramadhan Masjid Oman, santri berhasil khatam hafalan 30 juz

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024