Satuan Brimob Polda Aceh mendistribusikan air bersih dengan menggunakan mobil water cannon guna membantu kebutuhan air bagi warga di Gampong Lamcok Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar yang mengalami dampak kekeringan.

“Kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa warga di Kecamatan Lhoknga khususnya di Gampong Lamcok dilanda kekeringan dalam dua pekan terakhir sehingga sulit mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Kasilog Brimob Polda Aceh AKP Faisal Naim di Lamcok, Sabtu.

Di sela-sela turun langsung mendistribusikan air bersih bersama empar personel lainnya, ia menjelaskan dirinya mendapat tugas dari pimpinan untuk turun langsung ke masyarakat guna mendistribusikan air bersih.

Satuan Brimob Polda Aceh menurunkan empat personel untuk membantu mendistribusikan air bersih yang diambil dari PDAM Tira Mountala Kabupaten Aceh Besar kepada masyarakat yang telah mengantri untuk mendapat bantuan air bersih tersebut.

Masyarakat di Gampong Lamcok juga terlihat sangat antusias menerima bantuan air bersih yang didistribusikan Brimob Polda Aceh dengan menggunakan mobil water cannon dengan kapasitas 6 ribu liter.

Di lokasi distribusi air bersih tersebut para warga telah menyiapkan wadah penampungan air baik jerigen, ember dan penampungan lainnya untuk mendapatkan pasokan air bersih.

Pihaknya berharap distribusi air bersih tersebut dapat membantu meringankan kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang dilanda kekeringan.

“Kita akan berkoordinasi juga dengan gampong-gampong lainnya untuk kebutuhan air bersih. Insya Allah kita siap mendistribusikan kembali air bersih kepada masyarakat,” katanya.

Tokoh masyarakat Fuadi Razali mengatakan berdasarkan informasi sementara yang diterima ada 17 gampong dalam Kecamatan Kabupaten Aceh Besar mengalami kesulitan air bersih.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah mendapat bantuan distribusi air bersih dari Brimob Polda Aceh dan kami mendapat informasi akan ada tambahan distribusi air bersih untuk sejumlah gampong lainnya dalam Kecamatan Lhoknga,” katanya.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyampaikan terima kasih kepada jajaran Brimob Polda Aceh dan PDAM Tirta Daroy yang telah  bergerak cepat untuk membantu PDAM Tira Mountal dan masyarakat di Kecamatan Lhoknga untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Baca juga: Empat hari macet, suplai air Perumda Tirta Meulaboh kembali normal

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024