Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala Kabupaten Aceh Besar menyalurkan sebanyak 69 ton air bersih untuk warga di Kecamatan Lhoknga yang kesulitan memperoleh air bersih karena dampak kemarau.

"Bantuan air bersih yang sudah salurkan dalam dua hari sebanyak 69 ton air ini merupakan bagian tindaklanjut arahan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto untuk membantu masyarakat yang dilanda kekeringan," kata Direktur Utama PDAM Tirta Mountala Aceh Besar Sulaiman di Lambaro, Minggu.

Ia menjelaskan untuk distribusi air bersih pada hari pertama ke Kecamatan Lhoknga pada Sabtu (11/5) sebanyak 23 ton dengan menggunakan lima unit armada dengan lokasi distribusi Gampong Lamcok, Tanjong, Lampaya, Lamgaboh dan Lamkruet.

Kemudian hari kedua Minggu (12/5) ke Kecamatan Lhoknga sebanyak 46 ton dengan menggunakan sepuluh armada dengan daerah distribusi Menasah Baro, Menasah Manyang, Lamabaro Seubun, Tanjong, Pesantren Tanjong, Lamcok, Lampaya, Pesantren Naga Umbang dan Lampaya Kecamatan Lhoknga.

Ia mengatakan distribusi air bersih dengan menggunakan mobil tangki milik perusahaan air minum daerah itu dapat membantu mengatasi masalah ketersediaan air bersih di wilayah yang mengalami krisis air khususnya Kecamatan Lhoknga.

Ia mengatakan pendistribusian bantuan air bersih ke warga tersebut menggunakan unit armada mobil tangki dengan kapasitas 4 ton, 5 ton dan 6 ton.

"Warga tinggal membawa berbagai wadah seperti ember, baskom, jerigen dan beberapa wadah air lainnya, untuk dapat mengambil air bersih yang didistribusikan oleh PDAM Tirta Mountala dari mobill tangki," katanya.

Ia menambahkan penyebab krisis air bersih yang dialami oleh warga Kecamatan Lhoknga, dikarenakan debit air yang tersedia tidak mencukupi lagi untuk disalurkan ke wilayah tersebut.

"Debit air yang ada di SPAM Mata Ie, Darul Imarah tidak mencukupi lagi untuk di alirkan ke wilayah Lhoknga, sekarang kapasitas air saat ini di Mata Ie hanya 160 liter per detik," kata Sulaiman.

Ia mengatakan sampai saat ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala terus melakukan berbagai upaya mengatasi permasalahan air bersih untuk warga Aceh Besar.

Baca juga: Brimob Polda Aceh distribusi air bersih bantu warga Lhoknga

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024