Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, hingga awal bulan Mei 2024 telah menuntaskan penyaluran bantuan beras cadangan pemerintah tahap pertama sebanyak 161.880 kilogram (kg) beras yang diperuntukkan bagi 16.188 masyarakat miskin di daerah tersebut.

“Alhamdulillah, penyaluran beras cadangan pemerintah tahap pertama terhitung sejak bulan Januari, Februari dan Maret 2024 telah 100 persen kita tuntaskan,” kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan (DKPP) Kabupaten Nagan Raya Azman di Nagan Raya, Selasa.

Ia menyebutkan, masing-masing masyarakat penerima manfaat mendapatkan beras sebanyak 10 kilogram per orang.

Azman mengatakan, bantuan beras tersebut merupakan bantuan yang disediakan oleh Badan Pangan Nasional Republik Indonesia, dengan penugasan Perum Bulog yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia selaku transporter resmi.

Pada tahun 2024 Kabupaten Nagan Raya mendapatkan kuota bantuan sebanyak 16.188 orang keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan beras dari pemerintah, dan bantuan pangan ini diberikan dalam dua tahap diantaranya pada tahap pertama periode bulan Januari-Maret 2024.

Sedangkan penyaluran bantuan beras tahap kedua akan disalurkan untuk periode April-Juni 2024, yang direncanakan pada bulan Mei 2024.

Azman mengatakan bantuan beras yang diterima oleh keluarga penerima manfaat atau KPM tersebut sebanyak 10 kilogram setiap bulan, dengan menggunakan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kemenko PMK.

Azman mengatakan pemberian bantuan pangan bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan.

Penyaluran bantuan ini juga merupakan upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi.

Selain itu, bantuan tersebut juga diharapkan dapat mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen, demikian Azman.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024