Petugas pemadam kebakaran (Damkar) BPBD Aceh Tamiang mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) di Yonif 8 Marinir/Harimau Putih, Tangkahan Lagan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tamiang Iman Suhery, Rabu, mengatakan petugas damkar yang mengikuti latihan fisik semi militer sebanyak 90 orang. Mereka akan digembleng selama sembilan hari ke depan di markas Marinir tersebut.

“Diklat damkar sudah berjalan dua hari dimulai sejak (Selasa) kemarin di pusatkan di Bataliyon Infanteri 8 Tangkahan Lagan. Peserta akan dibekali penguatan sikap disiplin dan pelayanan prima,” kata Iman Suhery di Aceh Tamiang.

Bayu sapaan Iman Suhery menjelaskan, pelaksanaan diklat kualifikasi tingkat I Damkar bagi aparatur pemadam kebakaran Aceh Tamiang tahun 2024, dibuka oleh Pj Bupati Aceh Tamiang Asra di Langkat.

Selain dilatih oleh Marinir, lanjut Iman, petugas oranye juga mendapat penguatan kapasitas pengetahuan serta peningkatan kemampuan oleh Pusdikatkar Jakarta. 

Menurut dia, seluruh kurikulum serta standarisasi mutu diklat ini akan dinilai dan diawasi langsung oleh Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran pada Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.

“Petugas damkar perlu peningkatan pengetahuan, keterampilan dan menjaga sikap disiplin agar mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan secara berkala,” ujarnya.

Baca juga: Tamsar 27 Aceh Tamiang destinasi wisata favorit saat libur panjang

Pewarta: Dede Harison

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024