Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto meninjau langsung Kecamatan Lhoknga yang menjadi salah satu daerah yang terdampak kesulitan memperoleh air bersih karena kemarau yang melanda kawasan itu.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Besar langsung merespon cepat laporan masyarakat terkait warga kesulitan memperoleh air bersih akibat kemarau dengan mengirimkan air bersih dengan menggunakan mobil tangki milik perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Mountala,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswato di Lamcok, Kecamatan Lhoknga.

Ia menjelaskan sesuai informasi 28 gampong/desa dalam Kecamatan Lhoknga mengalami kekeringan dan sulit memperoleh air bersih sehingga Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang ikut dibantu TNI, Polri dan juga PT Solusi Bangun Andalas  mengirimkan air bersih ke gampong terdampak.

Baca: PDAM Tirta Mountala salurkan 96 ton air bersih di daerah krisis air

“Kehadiran saya ke sejumlah gampong seperti ke Gampong Lamcok dan beberapa gampong lainnya merupakan bagian untuk melihat langsung kondisi masyarakat dan melihat distribusi air bersih kepada masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Mountala untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat di Kecamatan Lhoknga yang merupakan respon cepat pemerintah daerah.


"Langkah cepat untuk mengatasi keluhan masyarakat di Kecamatan Lhoknga khususnya merupakan respon cepat dan pemerintah hadir di tengah masyarakat,” katanya.

Dalam tinjauan langsung ke lapangan, selain didistribusikan oleh PDAM Tirta Mountala, air bersih juga  didistribusikan dengan menggunakan armada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar dan ikut dibantu PT Solusi Bangun Andalas.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, Polri, TNI, PDAM Tirta Mountala, BPBD Aceh Besar dan seluruh pihak yang telah ikut membantu distribusi air bersih kepada masyarakat di Kecamatan Lhoknga dalam beberapa hari terakhir ini,” katanya.

Baca: Brimob Polda Aceh distribusi air bersih bantu warga Lhoknga

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengajak masyarakat untuk secara bersama-sama membersihkan sumur masing-masing sebagai usaha untuk memperoleh air bersih  selain adanya distribusi dari pemerintah.

“Mari kita terus berusaha dan berdoa semoga hujan segara turun agar kekeringan yang melanda Kecamatan Lhoknga khususnya dapat segera berakhir,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak perlu merespon berbagai isu yang berkembang, karena Pemerintah Kabupaten Aceh Besar akan selalu merespon cepat terhadap keluhan masyarakat.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024