Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menghibahkan anggaran sebesar Rp2,49 miliar lebih kepada Kodim 0105 Aceh Barat sebesar Rp2,49 miliar lebih, yang dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi dan Dandim Letkol Inf Hendra Mirza di Aula Cut Nyak Dhien Kantor Bupati Aceh Barat.

“Penandatanganan NPHD ini bertujuan untuk memperkuat pengamanan tahapan Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Aceh Barat tahun 2024,” kata Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi di Meulaboh, Selasa.

Mahdi menyebutkan, penandatanganan naskah hibah tersebut juga menandai komitmen bersama antara pemerintah daerah dan instansi militer dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses demokrasi di daerah tersebut.

Mahdi menyebutkan, dalam perjanjian ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memberikan hibah kepada Kodim 0105 Aceh Barat untuk mendukung pelaksanaan tugas pengamanan selama proses Pilkada berlangsung. 

Hibah ini meliputi berbagai dukungan logistik dan personel yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban dalam setiap tahapan pemilihan.

Mahdi mengatakan, pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dan institusi militer dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses demokrasi berlangsung. 

Dia juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan profesionalisme Kodim 0105Aceh Barat dalam menjalankan tugas pengamanan di daerah tersebut selama ini.

Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Hendra Mirza mengatakan komitmen Kodim dalam memberikan kontribusi maksimal dalam mendukung kelancaran proses pemilihan kepala daerah.

Hal ini termasuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat di Aceh Barat tetap terjaga dan kondusif selama rangkaian proses Pilkada berlangsung.

Menurutnya, penandatanganan NPHD ini menjadi landasan kuat bagi kedua belah pihak untuk bekerja sama secara sinergis demi suksesnya pemilihan kepala daerah yang demokratis dan berintegritas di Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: KIP: Pemilih potensial Pilkada 2024 di Aceh Barat capai 144.138 orang

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024