Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menghibahkan anggaran sebesar Rp4,415 miliar lebih dana pengamanan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 kepada Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat.

“Hibah dana sebesar Rp4,415 miliar lebih ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Aceh Barat,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Barat, Abdurrani kepada ANTARA di Meulaboh, Rabu.

Ia menyebutkan, dana sebesar Rp4,415 miliar lebih tersebut nantinya akan digunakan untuk tahapan pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak, yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Abdurrani mengatakan alokasi dana hibah kepada Polres Aceh Barat tersebut sebelumnya telah dilakukan rasionalisasi, setelah pemerintah daerah mendapatkan pengajuan proposal dari kepolisian terkait biaya pengamanan Pilkada.

Kemudian pemerintah daerah melakukan telaah dan menyesuaikan ketersediaan anggaran, sehingga kemudian diputuskan alokasi dana hibah yang bisa diberikan untuk pengamanan sebesar Rp4,415 miliar lebih.

Abdurrani mengatakan pemerintah daerah dalam waktu dekat juga segera melakukan penandatanganan naskah penerimaan hibah daerah (NPHD) antara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Polres Aceh Barat.

“Sebelumnya sudah dilakukan penandatanganan, namun karena ada bahan yang harus kita koreksi, maka kita jadwalkan lagi penandatanganan NPHD dalam waktu dekat,” kata Abdurrani menambahkan.

Dia menyebutkan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat siap mendukung menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak, dengan mengalokasikan anggaran sesuai dengan kemampuan daerah dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelumnya pada Selasa (4/6), Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menghibahkan anggaran sebesar Rp2,49 miliar lebih kepada Kodim 0105 Aceh Barat sebesar Rp2,49 miliar lebih, yang dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi dan Dandim Letkol Inf Hendra Mirza di Aula Cut Nyak Dhien Kantor Bupati Aceh Barat.

Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi di Meulaboh mengatakan penandatanganan NPHD ini bertujuan untuk memperkuat pengamanan tahapan Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Aceh Barat tahun 2024.

Mahdi menyebutkan, penandatanganan naskah hibah tersebut juga menandai komitmen bersama antara pemerintah daerah dan instansi militer dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses demokrasi di daerah tersebut.

Dia menyebutkan, dalam perjanjian ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memberikan hibah kepada Kodim 0105 Aceh Barat untuk mendukung pelaksanaan tugas pengamanan selama proses Pilkada berlangsung. Hibah ini meliputi berbagai dukungan logistik dan personel yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban dalam setiap tahapan pemilihan.

Mahdi mengatakan, pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dan institusi militer dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses demokrasi berlangsung. 

Dia juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan profesionalisme Kodim 0105 Aceh Barat dalam menjalankan tugas pengamanan di daerah tersebut selama ini.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat hibah dana pengamanan Pilkada Rp2,49 miliar untuk Kodim 0105

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024