Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar pasar murah menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, bagi masyarakat tersebar di 10 kecamatan di daerah ini.

“Pelaksanaan pasar murah merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah secara langsung kepada masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan bahan pokok,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Ir H Ardimartha di Suka Makmue, Jumat. 

Ada pun bahan pokok yang disediakan tersebut meliputi beras 1 sak 10 kg Rp114 ribu, gula pasir 2 kg Rp28 ribu, minyak goreng 2 liter Rp30 ribu, telur ayam 1 papan Rp30 ribu, dan sirup cap patung 2 botol Rp34 ribu.

Menurut Ardimartha, pasar murah yang digelar Disperindagkop-UKM tersebut menjadi salah satu langkah strategis dalam upaya menekan laju inflasi, dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok yang sebagian diantaranya melambung tinggi.

“Untuk barang pokok yang dijual telah mendapat subsidi dari Pemkab Nagan Raya, sehingga warga bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah,” ujar Sekda Ardimartha.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindagkop-UKM, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Zulfiratmi mengatakan ada pun tujuan pasar murah ini untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok terutama menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Dia menyebutkan, pasar murah ini akan dilaksanakan di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Nagan Raya, mulai tanggal 6 Juni 2024 hingga 15 Juni 2024 dan menyediakan 5 jenis komoditi bahan pokok, yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam dan sirup.

“Pemkab Nagan Raya juga telah melakukan subsidi terhadap bahan pokok yang dijual sebesar Rp 270 juta,” katanya.


Baca juga: Pemkab Aceh Besar gelar pasar murah jelang Idul Adha di tiga lokasi

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024