Meulaboh (ANTARA Aceh) - Kapal Motor (KM) Penyeberangan Teluk Sinabang menambah tiga volume trayek pelayaran Meulaboh (Kabupaten Aceh Barat) menuju Sinabang (Simeulue), Provinsi Aceh pada mudik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah/2017 Masehi.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Zulkifli, di Meulaboh, Rabu, mengatakan, penambahan satu kali trayek pelayaran dalam satu pekan, selama ini hanya melayani dua kali rute Meulaboh-Sinabang.

"Sejak memasuki H-7 sudah mulai dilakukan penambahan satu trayek dari Meulaboh menuju Sinabang, peningkatan penumpang di Pelabuhan Meulaboh cukup signifikan, demikian juga untuk penambahan kendaraan," sebutnya.

KM Teluk Sinabang biasanya melayani dua kali dalam satu minggu yakni Jumat dan Minggu pukul 14.30 WIB, keberangkatan penumpang lewat Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh di Desa Gampong Tengoh, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat.

Kemudian memasuki H-7 lebaran Idul Fitri 1438 Hijiriah jadwal pelayanan trayek rute tersebut masih normal, tidak dirubah malahan ditambah satu kali trayek untuk mengoptimalkan pelayanan dengan tingginya kebutuhan penguna jasa.

Zulkifli menuturkan, lonjakan penumpang mengalami peningkatan hingga 100 persen per kali keberangkatan, kondisi tersebut menunjukan bahwa kebutuhan pelayanan jasa penyeberangan menuju pulau terluar Aceh sangat dibutuhkan.

"Khususnya pada momen-momen seperti ini, kalau hari biasanya paling banyak itu 150 penumpang kemudian ditambah kendaraan, tapi pada keberangkatan kedua kemarin itu jumlah penumpang saja sudah mencapai 489 orang," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, penguna jasa penyeberangan lewat pelabuhan Meulaboh dalam sepekan ini terus padat, terutama terlihat dari antrian kendaraan roda empat maupun roda enam yang akan membawa logistik ke Kabupaten Simeulue, Aceh.

Terkait dengan tarif jasa angkutan masih tetap normal tidak terjadi kenaikan berarti, kemudian kapal yang melayani pegangkutan penumpang masih kapal lama dan tidak ada penambahan unit baru untuk trayek Meulaboh-Sinabang.

Selain di Aceh Barat kata Zulkifli, masih ada rute lain yang melayani pelayaran dari daratan menuju Simeulue, yakni di pelabuhan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan, disana juga ada satu unit KM Teluk Labuhan Haji yang melayani ke pulau terluar Aceh.

"Di Labuhan Haji juga ada, lonjakan penumpang terjadi di pelabuhan Meulaboh masih bisa diatasi, di lokasi terminal juga tersedia fasilitas pendukung untuk masyarakat yang akan berangkat ke Simeuleu maupun sebaliknya," katanya menambahkan.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017