Lhokseumawe (ANTARA Aceh)- Dalam rangka menjaga keselamatan penumpang yang menggunakan angkutan umum selama dalam perjalanan arus mudik, supir bus yang berada di Terminal Tipe A Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, diperiksa urine untuk mengantisipasi bahaya pengaruh narkoba.

Kordinator Terminal Tipe A Lhokseumawe Siti Nurhasyimah, Jumat,  mengatakan kegiatan yang dilakukan secara mendadak oleh pihak Kemenhub Terminal Tipe A Kota Lhokseumawe, Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Lhokseumawe serta kepolisian setempat, Kamis kemarin, adalah untuk memastikan bahwa supir angkutan penumpang umum mudik lebaran aman dari pengaruh narkoba.

Dia mengatakan tujuan dilakukan pemeriksaan narkoba tersebut adalah untuk semakin terjaminnya keselamatan penumpang yang menggunakan angkutan umum karena  saat masa mudik yang intensitas kendaraannya sangat tinggi.

"Ini sebagai upaya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang menggunakan angkutan umum untuk mudik ke kampung halamannya. Oleh karena itu, supir bus harus bebas dari pengaruh Narkoba," tegas Siti.

Dia mengatakan pemeriksaan pemakaian narkoba terhadap supir bus tersebut, tidak hanya dilakukan terhadap bus trayek Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) saja, akan tetapi terhadap bus trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) juga dilakukan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan dadakan tersebut, diketahui bahwa ada beberapa supir yang terindikasi positif menggunakan narkoba, sehingga mereka dilarang untuk mengemudi kendaraannya.

"Bagi supir yang terindikasi menggunakan narkoba saat dilakukan pemeriksaan urine, tidak dibenarkan lagi mengemudi kendaaran, akan tetapi harus digantikan oleh supir cadangan. Kegiatan ini semata-mata untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat penguna angkutan umum," pungkas Siti.


Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017