Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat menyiapkan alokasi anggaran Rp18 miliar lebih untuk honorarium ratusan aparatur pemerintah desa.

“Anggaran sebesar Rp18 miliar ini kita peruntukkan bagi aparatur tersebar di 321 desa dan 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Aceh Barat Zulyadi di Meulaboh, Jumat.

Menurutnya, dana tersebut merupakan jatah pembayaran honorarium triwulan pertama terhitung sejak Januari, Februari dan Maret 2024.

Zulyadi mengatakan meski alokasi anggaran sudah tersedia, namun saat ini BPKD Kabupaten Aceh Barat belum bisa menyalurkan honorarium tersebut karena masih menunggu pedoman pelaksanaan pencairan anggaran dari pemerintah daerah, dan  untuk administrasi keuangan selama ini telah siap.

“Masih kita tunggu Peraturan Bupati Aceh Barat atau surat keputusan terkait pedoman pencairan uang,” katanya menambahkan.

Ia mengatakan, apabila pedoman atau aturan pencairan keuangan telah diterima, maka honorarium ratusan aparatur desa di Kabupaten Aceh Barat bisa segera ditransfer ke masing-masing rekening penerima.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga memohon maaf kepada seluruh aparatur desa karena penyaluran dana tersebut sudah sangat terlambat, dan berharap dana yang akan disalurkan tersebut nantinya dapat menunjang penyelenggaraan pemerintahan desa/gampong, demikian Zulyadi.
 
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024