Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat menyembelih sebanyak  38 ekor kerbau dalam pelaksanaan ibadah qurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini. 

“Setelah dipotong, daging-daging tersebut akan ditumpuk sebelum di distribusikan kepada masyarakat penerima manfaat,” kata Penjabat Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi di Meulaboh, Selasa.

Menurutnya, kerbau-kerbau tersebut semuanya disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) milik Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

Mahdi mengatakan pada tahun ini sistem pendistribusian daging qurban mengalami perubahan, karena ternak kerbau Qurban akan dipotong di rumah potong hewan sebagai tempat resmi pelaksanaan ibadah qurban. 

Setelah dipotong, daging-daging tersebut akan ditumpuk sebelum didistribusikan kepada masyarakat penerima manfaat.

Mahdi juga menambahkan, bahwa upaya ini bertujuan untuk memastikan efisiensi dalam pelaksanaan qurban serta memudahkan distribusi kepada masyarakat yang membutuhkan. 

“Proses pendistribusian ini diharapkan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan," kata Mahdi menambahkan.

Dia menjelaskan keputusan untuk menyatukan lokasi pemotongan dan penumpukan daging qurban ini, mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, karena dianggap dapat mempercepat dan mengoptimalkan proses distribusi kepada seluruh penerima manfaat secara tepat dan terukur.

Dengan demikian, masyarakat di Kabupaten Aceh Barat dapat menjalankan ibadah qurban tahun ini dengan lebih teratur dan efisien, sekaligus menjamin ketersediaan daging qurban yang berkualitas bagi yang membutuhkan.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Aceh sembelih 17 ekor hewan kurban

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024