PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) Banda Aceh menambah satu trip kapal penyeberangan dari Ulee Lheue Banda Aceh menuju Balohan Sabang dan sebaliknya pada libur lebaran Idul Adha ini.

"Trip sudah kita tambah satu sampai Minggu nanti, itu pun kondisional, apabila muatannya melebihi, kita bisa tambah trip lagi," kata General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Rudi B Hanafiah, di Banda Aceh, Rabu.

Rudi mengatakan, saat ini sudah tersedia empat trip kapal dari semula tiga trip kapal penyeberangan yang mulai diberlakukan sejak Selasa (18/6) lalu.

Baca juga: Arus balik, ASDP tambah enam trip kapal dari Sabang ke Banda Aceh

Penambahan trip tersebut karena pihaknya memproyeksikan lonjakan penumpang akan terjadi pada H+2 Lebaran Idul Adha 1445 H. 

Namun, lonjakan justru terjadi pada H+3 Lebaran Idul Adha, Rabu (19/6) siang tadi. Karena itu, pihaknya hanya menambah satu trip saja untuk hari ini.

"Peningkatan masih standar liburan, tidak sampai membludak. Kalau peningkatan terus menerus langsung koordinasi ke Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk penambahan trip," ujarnya.

Adapun jadwal penambahan trip yang diberlakukan yakni trip pertama berangkat pukul 08.00 WIB, trip kedua pukul 11.00 WIB, trip ketiga pukul 14.00 WIB, dan trip keempat pukul 16.30 WIB. 

Sebelumnya, Kabag Ops Pelabuhan Ulee Lheue, Ilham Akbar, menyampaikan jumlah penumpang pelabuhan Ulee Lheue yang hendak bertolak dari Banda Aceh menuju Sabang mulai meningkat pada H+3 libur Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah. 

"Selama libur Idul Adha 1445 Hijriah ini baru ada peningkatan penumpang pada hari ini. Kalau kemarin masih normal, belum terlalu ramai," katanya.

Dirinya memprediksikan jumlah penumpang akan meningkat hingga Kamis (20/6) besok sehubungan dengan berakhirnya cuti libur pegawai ASN/PNS. Diperkirakan mencapai 100 persen. 

"Prediksi lonjakan akan terjadi pada hari ini dan besok karena Jumat dan Sabtu PNS sudah masuk, sebagian pegawai BUMN bahkan ada yang sudah masuk juga hari ini," demikian Ilham Akbar.

Baca juga: ASDP tambahan trip kapal layani wisatawan beribur panjang ke Sabang

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024