Angkasa Pura II selaku otoritas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menampilkan Inong dan Agam untuk menyambut tamu selama musim libur sekolah pada Juni hingga Juli 2024.

"Saat ini lonjakan penumpang pada musim libur sekolah belum terlihat signifikan di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar," kata Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SIM Darmadi di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan dalam menghadapi libur sekolah dan bersamaan lebaran Idul Adha persiapan yang dilakukan lebih kepada tamu yang datang untuk menghabiskan libur sekolah bersama keluarga di Tanah Rencong.

Ia menyebutkan total penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang per hari masih berada pada angka 2.100 penumpang.

Adapun maskapai penerbangan domestik di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air dan Susi Air (perintis).

Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang dan Jeddah.

Kemudian untuk rute domestik terdiri dari Jakarta, Kualanamu dan untuk perintis Kutacane, Sabang, Simelue, Tapaktuan, Gayo Lues.

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar memiliki dimensi landas pacu 3000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat.

Adapun untuk kapasitas terminal lebih kurang 1,5 juta penumpang per tahun dan lebih kurang 4 ribu penumpang per hari.


Baca juga: Sabtu jadi puncak kedatangan penumpang di Bandara SIM

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024