Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan Dayah setempat melatih komputer dan desain grafis untuk santri-santri dayah dalam wilayah kabupaten setempat.

"Pelatihan yang kita berikan ini bertujuan meningkatkan kapasitas para santri dan dayah-dayah yang ada di Kabupaten Aceh Besar," kata Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar Abu Bakar di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan dengan bekal yang diberikan tersebut para santri dapat terus mengembangkan diri dalam mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang teknologi berbasis komputer yang semakin maju pesat.

"Di era digitalisasi saat ini semua kegiatan harus serba cepat, tepat ,dan akurat. Di mana semua sistem sudah dilakukan secara online. Jadi, santri di dayah tidak boleh ketinggalan dengan kemajuan seperti sekarang," katanya.

Baca: Santri Aceh raih medali emas dan perak ajang Olimpiade sains nasional

Abu Bakar juga meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan administrasi perkantoran dan desain grafis ini dengan sebaik mungkin sehingga ilmu yang diberikan tersebut dapat diaplikasikan.

Kabid SDM Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar Ajirni menyebutkan pelatihan tersebut di ikuti sebanyak 78 santri dayah yang dibagi menjadi dua kategori diantaranya Pelatihan administrasi perkantoran dan desain grafis.

Ia menambahkan pelatihan tersebut dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan menteri pendidikan nasional nomor 30 tahun 2005 tentang badan akreditasi nasional pendidikan non formal.

"Penyelenggaraan kegiatan ini juga turut didukung dengan peraturan Bupati Aceh Besar nomor 6 tahun 2007 mengenai kedudukan, organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja dinas pendidikan dayah Kabupaten Aceh Besar," katanya.

Baca: PKK Aceh ajak santri konsumsi makanan sehat dan bebas pengawet
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024