Meulaboh (ANTARA Aceh) - Wakil Bupati Aceh Barat, Rachmad Fitri HD berharap adanya peningkatan pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien (RSUD-CND) Meulaboh guna meningkatkan kepercayaan dari masyarakat.

"Untuk itu kami harapkan melalui final survey ini, kita dapat menghasilkan berbagai informasi terkait dengan pelayanan dan managemen sesuai dengan standar rumah sakit yang terakreditasi," katanya di Meulaboh, Senin.

Pernyataan itu disampaikan dalam sambutannya pada pembukaan final survey akreditasi RSUD CND Meulaboh, akreditasi rumah sakit adalah assesment oleh tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) di ruang rapat rumah sakit setempat.

Kata dia, rumah sakit yang telah terakreditasi akan mendapatkan pengakuan dari pemerintah karena telah memenuhi standar pelayanan dan managemen yang ditetapkan sesuai dengan standar pelayanan optimal.

Sebut Rachmad, salah satu tujuan dan manfaat akreditasi rumah sakit adalah akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan karena beroreantasi pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

"Kemudian proses administrasi, biaya serta penggunaan sumber daya akan menjadi lebih efesien. Dapat menciptakan lingkungan internal rumah sakit yang lebih kondusif untuk penyembuhan, pengobatan dan perawatan pasien," sebutnya.

Selanjutnya rumah sakit tersebut menghormati hak-hak pasien serta melibatkan mereka dalam proses perawatan, memberikan jaminan, kepuasan serta perlindungan kepada masyarakat atas pemberian pelayanan kesehatan.

Rachmad Fitri mengharapkan, hasil yang diperoleh melalui final survey akreditasi RSUD CND Meulaboh itu benar-benar dapat menjadi pedoman dan masukan bagi semua pihak dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas.

Terutama sekali terhadap berbagai kekurangan dokumen, kegiatan yang belum dilaksanakan dan harus dilaksanakan, serta dapat memperbaiki kekurangan pada rumah sakit tersebut sesuai dengan rekomendasi dari tim assesmant.

"Melalui finalisasi survey ini kita harap menghasilkan berbagai informasi terkait dengan pelayanan dan managemen yang mungkin masih kekurangan. Pedoman itu sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pelayanan rumah sakit," katanya menambahkan.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017