Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh Besar Cut Rezky Handayani menyatakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) harus dilaksanakan dengan menarik dan memiliki nilai edukatif. 

"Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS ini seyogyanya dapat dilaksanakan dengan menarik dan memiliki nilai edukasi serta memiliki kesan yang bermakna bagi setiap siswa," kata Cut Rezky Handayani di Jantho, Rabu.

Ia menjelaskan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan siswa baru untuk mengenali sekolahnya di tahun ajaran baru. 

Ia mengatakan MPLS ditujukan untuk semua jenjang sekolah, termasuk SD. Bagi siswa SD MPLS sebaiknya dibuat dengan seru dan kreatif seperti yang pernah dirasakan di tk sebelumnya. Selain itu, kegiatan juga bisa dibuat mengikuti kurikulum merdeka sehingga lebih edukatif.

Baca: Bunda PAUD sosialisasi implementasi PAUD HI di Aceh Besar

Menurut dia MPLS penting dilakukan, karena memiliki manfaat dapat membangun Kekompakan dan Kebersamaan, memahami Kultur dan Nilai Sekolah, Memperkenalkan Sarana dan Prasarana Sekolah, memberikan Informasi kepada orang tua dan MPLS juga menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan informasi penting terkait kebijakan sekolah, program pendidikan, dan acara-acara yang akan diadakan selama setahun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar Bahrul Jamil mengatakan  draf terkait pemantauan pelaksanaan MPLS sedang disiapkan. 

"Kita berharap semua memberikan dukungan dalam pelaksanaan MPLS ini, dan yang pasti kita juga bersama-sama akan ikut memantau dengan terukur dan sistematis, supaya tidak membuat situasi yang kurang nyaman di lingkungan sekolah," kata Kadisdikbud Aceh Besar.

Baca: Pj Gubernur: Bunda PAUD Harus menjadi inspirasi pendidikan anak
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024