Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh menegaskan bahwa persiapan arena atau venue PON XXI Aceh-Sumut di wilayah Aceh sudah mencapai 80 persen lebih, dipastikan event nasional tersebut berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

"Penilaian utama kita di venue, dan posisinya sekarang sudah 80 persen lebih, hanya tinggal sedikit saja," kata Kepala Dispora Aceh, M Nasir Syamaun, di Banda Aceh, Kamis.

Dirinya menyampaikan, secara keseluruhan pembangunan atau proses renovasi venue PON di Aceh berjalan lancar, termasuk di arena utama komplek Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh.

Termasuk juga venue-venue yang berada di kabupaten/kota, masih dalam pengerjaan, dan barang-barang kebutuhan sudah tersedia di lokasi. Dan sudah dapat digunakan saat masa test event.

"Barang sudah ready, tinggal finish, paling telat awal Agustus. Apalagi nanti di Agustus ada tes event untuk sejumlah cabang olahraga," ujarnya.

Kata M Nasir, proses pembangunan sejauh ini masih berjalan lancar tanpa ada hambatan yang cukup berarti. Bahkan, pihaknya juga telah menyiapkan rencana antisipasi lain terkait lokasi pertandingan.

"Sejauh ini tidak ada kendala, kalaupun ada, kita sudah punya siap dengan plan b jika harus merubah lokasi pertandingan nantinya," katanya.

Dirinya juga memastikan, ketika nantinya tim technical delegate dari seluruh cabang olahraga berkunjung ke Aceh di awal Agustus, semuanya sudah siap. Baik itu untuk venue, perangkat pertandingan, peralatan hingga tes event.

Dalam kesempatan in, M Nasir menegaskan bahwa Aceh sudah siap menyambut PON 2024 tepat waktu. Apalagi, persiapan juga berjalan dengan baik, dan sesuai schedule, bahkan melebihi target pengerjaan, terkhusus yang dibiayai APBN melalui Kementerian PUPR.

"Kalau venue yang direnovasi menggunakan APBD memang masih perlu pendampingan dan dorongan percepatan pengerjaan agar selesai tepat waktu. Kita optimis semua berjalan lancar," demikian M Nasir Syamaun.

Baca juga: Venue pacuan kuda PON di Takengon rampung akhir Juli
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024