Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 19 putra-putri Aceh menerima beasiswa penuh untuk Tahfidz Quran di sekolah lanjutan tingkat pertama dan atas dari Baitul Mal Aceh.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, T Sulaiman di Banda Aceh, Kamis mengatakan program tersebut merupakan dilaksanakan setiap tahun untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi penerus Aceh dari keluarga miskin melalui dana zakat.

Ia menjelaskan selain meningkatkan kualitas pendidikan, juga untuk meningkatkan kemampuan serta mempersiapkan generasi muda agar mampu memahami dan menghafal Al Quran sebagai cikal bakal imam masjid dan pemimpin masa depan.

Baitul Mal Aceh menganggarkan dana zakat sebesar Rp269 juta  tahun 2017. Adapun fasilitas  ditanggung yaitu biaya masuk pesantren, biaya SPP, uang saku, dan biaya perlengkapan sekolah.

Ke 19 santri yang mendapatkan beasiswa penuh tersebut akan diasramakan di dua pesantren yang berada di Aceh Besar yaitu Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air dan Al-athiyah Saree.

Pihaknya berharap mustahik penerima beasiswa mampu menyelesaikan pendidikannya selama tiga tahun dan mereka nantinya juga menjadi duta zakat dalam rangka meningkatkan kesadaran para muzakki semakin tumbuh untuk menunaikan zakat di lembaga-lembaga resmi.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017