Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Seluruh gampong (desa) yang ada di  wilayah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh siap menggelar kegiatan Gampong Expo 2017 dalam waktu dekat.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Lhokseumawe Iskandar, di Lhokseumawe, Jumat, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh desa di wilayah Kota Lhokseumawe tersebut, direncanakan akan digelar pada 23-27 Agustus mendatang di Lapangan Hira Lhokseumawe.

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan pameran desa yang bertajuk Gampong Expo 2017 tersebut, akan menampilkan berbagai produk unggulan yang dimiliki oleh masing-maisng desa di Kota Lhokseumawe.

"Berbagai produk unggulan akan ditampilkan pada pameran ini nantinya, mulai produk kerajinan, kuliner dan juga beragam hasil budi daya sesuai dengan kekhasan masing-masing desa," ujar Iskandar.

Selain akan menampilkan berbagai produk unggulan, kegiatan Gampong Expo 2017 tersebut juga akan menampilkan berbagai kemajuan di desa masing-masing, baik sarana dan prasarana di desa, olahraga, program ekonomi, ksejahteraan dan berbagai kemajuan lainnya yang dicapai oleh masing-masing desa, selama adanya alokasi dana desa diberlakukan, kata Iskandar lagi.

Kepala BPM Kota Lhokseumawe itu menyatakan pula bahwa kegiatan pameran desa dimaksud dilaksanakan secara swadaya oleh desa-desa yang di Kota Lhokseumawe melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG).

"Kegiatan ini dilaksanakan secara swadaya oleh gampong yang ada di Kota Lhokseumawe dan tidak sepeser pun memakai uang dinas, dan dari 68 gampong di Kota Lhokseumawe hanya lima gampong yang tidak ikut serta karena terkendala dengan realisasi APBG 2017 yang belum selesai," ujar Kepala BPM Kota Lhokseumawe itu lagi.

Iskandar menegaskan, dengan kegiatan pameran tersebut, bertujuan untuk dapat semakin memotivasi gampong dalam berkarya dan inovatif, baik dalam peningkatan menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa maupun terhadap pengembangan potensi masing-masing desa.


Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017