Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Niko Fahrizal mengajak masyarakat di Aceh untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut pada September mendatang dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Kehadiran saya bertujuan melihat kesiapan personel dalam rangka kesiapan PON dan Pilkada mendatang,” kata Mayjen TNI Niko.

Hal itu disampaikan Pangdam IM saat menyambangi dan memberi arahan kepada jajaran Korem 011/Lilawangsa di Lapangan Jenderal Sudirman Korem 011/LW, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Acara ini bagian dari kunjungan kerja Pangdam IM ke sejumlah satuan di jajaran Korem 011/Lilawangsa di wilayah timur Aceh.

Pangdam IM meminta agar setiap satuan dan prajurit TNI Kodim di jajaran Korem 011/Lilawangsa dapat terus menjaga profesionalisme guna menghadapi tantangan tugas menyambut dua agenda nasional yang berlangsung ke depan. 

Dirinya datang langsung ke wilayah Aceh Utara untuk mengecek langsung kesiapan PON di daerah tersebut, baik arena (venue), pengamanan dan kesiapan lainnya guna menyukseskan PON.

“Kenapa saya datang langsung, saya tatap muka dengan para personel yang merupakan langsung di lapangan yaitu para Babinsa kita,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada prajurit untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang penyelenggaraan PON, kesiapan venue yang ada di Aceh Utara, kesiapan pengamanan PON dan juga kunjungan VVIP.

Termasuk, kata dia, pelaksanaan Pilkada, prajurit TNI terlibat dalam perbantuan pengamanan kepada pihak kepolisian.

“Kita ketahui semua daerah dalam baik-baik saja dan tidak ada yang rawan, hanya kita mengantisipasi. Saya yakin para tokoh dan masyarakat Aceh sayang sama Aceh, sebab, semua yang mencintai Aceh ini seperti kita mencintai ibu kandung kita, masyarakat sudah pintar dan tidak mau diprovokasi,” ujarnya.

Pangdam juga menyinggung persoalan yang sedang dihadapi masyarakat saat ini yaitu kekeringan akibat kemarau panjang, sehingga perlu upaya bersama-sama untuk membantu masyarakat dalam mengairi air.

“Saat ini kita sedang mengoptimalkan lahan sawah, melalui Danrem Lilawangsa menginstruksikan Dandim Aceh Utara bersama prajurit berupaya bekerja supaya sawah-sawah di daerah Aceh Utara ini bisa ada airnya, dan saat musim hujan tidak banjir,” ujarnya.

Selain itu, Pangdam mengapresiasi Babinsa yang telah membantu masyarakat memperbaiki jembatan di desa-desa, serta menunggal air bersih yang dilakukan Danrem Lilawangsa sehingga dapat dirasakan manfaat oleh masyarakat dan santri dayah.

“Kunjungan kerja ini bertujuan untuk memastikan, bahwa seluruh personel TNI dan keluarganya di satuan jajaran Korem 011/Lilawangsa selalu dalam keadaan sehat dan prajurit siap untuk melaksanakan tugas, baik itu membantu kesulitan masyarakat di daerah tugasnya masing-masing,” ujarnya.
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024